sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Memasang Keramik Bermotif di Kamar Mandi Rumah Minimalis

Siti Hafadzoh Selasa, 17 Mar 2020 15:34 WIB
Keramik bermotif geometri atau marble bisa menambah kesan menarik dalam kamar mandi rumah minimalis lho. Simak tips kamar mandi rumah minimalis berikut ini ya. caption
Jakarta - Konsep minimalis tidak hanya diterapkan di kamar atau ruang tamu, Bun. Kamar mandi juga bisa didesain dengan konsep minimalis.

Di dalam kamar mandi minimalis, sebaiknya singkirkan barang-barang yang tidak perlu. Artinya, Bunda tidak terlalu membutuhkan barang-barang dekorasi di kamar mandi, seperti prinsip furnitur minimalis pada umumnya.


"Konsep minimalis intinya diterapkan sebagai pemecahan dari masalah penyimpanan, dan pengaturan barang yang lebih baik. Serta mudah disimpan dan diambil kembali," kata dosen arsitektur interior Universitas Ciputra di Surabaya, Lya Dewi Anggraini, S.T, M.T., Ph.D.


Mengutip Kohler, Bunda perlu memilih barang-barang dengan material yang tepat supaya konsep minimalis lebih terlihat. Gunakan motif yang sederhana seperti geometris dan garis pahatan.

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam penataan kamar mandi adalah ubin atau keramik. Penataan ubin yang tepat bisa menambah kesan menarik lho pada kamar mandi.

Nah, dikutip dari Real Homes, berikut 5 tips mengaplikasikan ubin di kamar mandi minimalis.

1. Gunakan ubin berpola kecil

Gunakan ubin dengan pola halus alias kecil-kecil. Sebaiknya, jangan gunakan keramik dengan pola yang terlalu besar.

Untuk menambah kesan minimalis, Bunda bisa padukan dengan dinding berwarna putih. Ini akan membuat kamar mandi terlihat menarik.

2. Padukan warna

Perpaduan warna antara keramik dengan nuansa ruangan bisa membuat kamar mandi terlihat menarik. Pilih keramik bermotif geometris dengan dua warna yang kontras, yaitu yang terang dan redup,

Gunakan salah satu warna untuk aksen di seluruh ruangan. Misalnya, cat dinding dan hiasan. Sebaiknya, pilih warna yang lebih redup. Ini akan membuat ruangan terkesan menyatu antara lantai dengan aksen di ruangan.

3. Keramik bermotif vintage

Untuk Bunda pencinta tema vintage, keramik yang satu ini bisa jadi pilihan nih. Ubin berwarna terakota yang dipadukan dengan biru akan menambah kesan tradisional pada kamar mandi.

Namun, tidak hanya kedua warna itu, Bunda juga bisa memilih ubin vintage berwarna monokrom. Padukan juga dengan warna-warna pastel untuk memperhalus tampilannya.

4. Tambahkan sedikit ubin yang sama pada dinding

Pasang keramik bermotif sebagai lantai kamar mandi. Gunakan warna netral pada dindingnya.

Kemudian, Bunda bisa tambahkan sedikit ubin yang sama di dinding kamar mandi. Misalnya, di sebelah bak mandi atau di atas wastafel.


5. Gunakan ubin teraso

Teraso merupakan gabungan dari marble dan granit. Bunda bisa gunakan ini sebagai lantai kamar mandi, juga untuk melapisi dinding.

Meski punya ruangan yang kecil, teraso akan membuat ruangan tidak terlihat sumpek, Bun. Malah, ini akan menambah tekstur alami dan memberi kesan mewah.

Bunda juga bisa simak tips desain rumah minimalis modern di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi