Sign Up search


moms-life

Cara Bikin Bawang Hitam yang Kaya Manfaat, Simpel Banget Lho Bun

Jujuk Ernawati Jumat, 20 Mar 2020 19:02 WIB
Cara Bikin Bawang Hitam yang Kaya Manfaat, Simpel Banget Lho Bun caption
Jakarta - Bawang putih hitam atau lebih dikenal dengan bawang hitam memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, juga bisa memberikan rasa manis dan gurih pada semua makanan, lho Bun.

Sayangnya, harga bawang hitam tak semurah bawang putih mentah. Untuk mendapatkannya pun tak semudah bawang putih karena masih sedikit yang menjual bawang hitam di pasaran.


Namun Bunda bisa membuatnya sendiri lho di rumah. Caranya pun cukup mudah dan bisa menghemat biaya. Selain itu, juga meminimalkan risiko bahan tambahan atau pengawet.


Dikutip dari The Spruce Eats, langkah awal yang harus dilakukan untuk membuat bawang hitam yang kaya manfaat ini adalah dengan membersihkan kotoran pada bawang putih yang akan dijadikan bawang hitam, dengan menggosok dengan lembut. Jangan lepaskan siungnya dan jangan pula membasahinya karena bisa mengganggu proses pembuatannya.

Setelah itu, Bunda bisa menggunakan rice cooker atau penanak nasi dan atur posisi hangat, jangan memasak. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan kotak fermentasi atau slow cooker dan atur suhunya 60-70 derajat celcius.

Kemudian masukan bawang putih tunggal dan belum dikupas ke dalam rice cooker atau slow cooker. Jangan penuhi rice cooker atau slow cooker dengan bawang putih. Sisakan ruang yang cukup antara bawang supaya tidak saling menyentuh. Setelah itu, biarkan selama 2-3 minggu hingga menjadi bawang hitam.

Bunda sesekali harus memeriksanya untuk memastikan bahwa pengaturan tetap hangat sampai bawang tersebut lunak dan menjadi hitam.

{SEO} Cara Bikin Bawang Hitam yang Kaya Manfaat, Simpel Banget Lho Bun!Rice cooker/Foto: Istock

Nah mudah bukan membuat sendiri bawang hitam, Bun?

Jika sudah jadi, Bunda bisa menyimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Namun, penyimpanan terbaik adalah di lemari es untuk membuatnya awet. Setelah didinginkan, bawang hitam bisa bertahan sampai sebulan tanpa kehilangan rasa dan aromanya, lho Bun.


Bawang hitam ini memiliki rasa yang lebih kaya, unik, dan lembut. Dikutip dari fitday.com, Bunda bisa menggunakan bawang hitam untuk memberikan cita rasa pengganti bawang putih yang lezat di sebagian besar resep makanan.

Misalnya untuk membuat sambal, saus salad, bumbu dalam tumis, sup, daging, ayam hingga hidangan gurih lainnya atau topping pizza. Selain itu, bawang hitam juga bisa memberikan sesuatu yang ekstra dalam kue buatan sendiri karena rasanya yang lebih ringan dibanding bawang putih.

Bunda bisa simak resep diet ice cream vegan alpukat di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]






(jue/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi