sign up SIGN UP search


moms-life

6 Manfaat Bawang Hitam yang Menakjubkan, Salah Satunya Cegah Kanker

Jujuk Ernawati Jumat, 20 Mar 2020 12:27 WIB
Bawang hitam selain bermanfaat untuk menambah cita rasa dalam masakan, juga punya manfaat kesehatan lho Bun. Apa aja sih manfaatnya? Cek yuk di artikel ini. caption
Jakarta - Bawang putih hitam atau bawang hitam sudah banyak digunakan dalam hidangan untuk menambah rasa gurih dan manis. Beberapa koki bahkan menambahkan bahan unik ini ke dalam makanan utama hingga penutup demi memberikan rasa ekstra.

Sejumlah negara di Asia pun, seperti Jepang, Korea selatan, dan Thailand sudah sejak lama menggunakan bawang hitam untuk memasak. Itu karena bawang hitam selain memberikan rasa dan aroma berbeda juga memiliki banyak manfaat lain.


Bawang hitam mengandung banyak nutrisi dan vitamin, seperti mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, fosfor, tembaga, vitamin B1, dan kalsium. Dengan kandungannya tersebut, bawang hitam pun punya banyak manfaat yang menyehatkan.


Dikutip dari msn.com, berikut ini 6 manfaat menakjubkan dari bawang hitam, yang perlu Bunda tahu:

1. Mengandung tinggi antioksidan

Sebuah studi menunjukkan bahwa bawang hitam punya jumlah antioksidan dan aktivitas biologis yang lebih tinggi dari bawang putih mentah. Antioksidan dikenal bisa menangkal radikal bebas yang berbahaya, membantu mengurangi peradangan, mencegah kanker dan diabetes.

2. Menyeimbangkan gula darah

Memasukkan bawang hitam dalam menu diet dikaitkan dengan keseimbangan kadar gula darah. Para peneliti sebelumnya menemukan bahwa jumlah antioksidan yang tinggi dalam bawang hitam bisa mencegah komplikasi diabetes, mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang hitam dikenal karena khasiatnya membantu melindungi jantung. Selain itu, menurut studi yang dilakukan pada tahun 2018 lalu, bawang hitam juga menawarkan efek kardioprotektif yang sama efektifnya dalam mengurangi kerusakan jantung, lho Bun.

Di samping itu, karena bawang hitam manjur untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam tubuh maka akan menyehatkan jantung. Sebab kadar tersebut jika dibiarkan tidak terkontrol dalam tubuh justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ilustrasi jantung/Foto: thinkstock

4. Mencegah kanker

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak bawang hitam bisa mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker, terutama sel kanker usus besar dan leukemia. Itu karena bawang putih memiliki senyawa antioksidan yang tinggi.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Selain melindungi jantung dan mencegah kanker, bawang hitam juga membantu mempertahankan daya ingat yang baik. Kandungan antioksidan tinggi yang dikandungnya bisa mengurangi peradangan di otak dan membantu mencegah kondisi kognitif, seperti demensia, alzheimer, dan parkinson.



6. Meningkatkan daya tahan

Sistem imun atau kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, bawang hitam ini bisa membantu menangkal penyakit dan infeksi hingga membantu mencegah kondisi kronis,. Antioksidan yang tinggi dalam bawang hitam bisa meningkatkan imunitas dengan melawan radikal bebas, mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 lalu mengevaluasi perbedaan antara bawang hitam dan bawang putih mentah serta efeknya pada fungsi kekebalan tubuh manusia. Hasilnya, tidak hanya menunjukkan sifat anti-kanker dan antioksidan terkuat, bawang hitam juga punya efek lebih baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat peningkatan kekebalan tubuh ini bisa punya efek luas pada sejumlah aspek kesehatan. Selain itu, juga bisa membantu dalam perawatan segala hal, mulai dari alergi hingga gangguan autoimun dan infeksi akut.

Bunda juga bisa simak cara praktek tanam hidroponik bersama anak di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]





(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi