sign up SIGN UP search


moms-life

Apa Itu Bawang Hitam, Benarkah Lebih Sehat dari Bawang Putih Mentah?

Jujuk Ernawati Jumat, 20 Mar 2020 05:40 WIB
Popularitas bawang hitam meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena selain punya rasa yang unik juga banyak manfaatnya. Cari tahu soal bawang hitam yuk Bun! caption
Jakarta - Sebagian orang ketika melihat bawang putih yang menghitam, mungkin tidak tertarik untuk mengonsumsi atau mencampurnya dalam hidangan. Justru bawang putih hitam kini menjadi menu favorit para pecinta kuliner yang ingin menambah rasa dan kandungan gizi dalam makanan mereka, lho Bun.

Bahan unik ini terbuat dari allium sativum atau bawang putih mentah. Bahkan bawang putih hitam punya banyak manfaat kesehatan yang sama seperti halnya bawang putih mentah, mulai dari menjaga fungsi kognitif hingga melindungi kesehatan jantung.


Meski dibuat dari bawang putih mentah, namun kedua bawang ini memiliki banyak perbedaan. Dikutip dari dr.axe.com, bawang putih hitam atau bawang hitam punya konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi serta tekstur, rasa dan aroma yang berbeda dengan bawang putih mentah. Bawang hitam memiliki rasa yang unik dan lebih menyenangkan dibanding bawang putih mentah.


Lalu apa itu bawang hitam?

Bawang ini didapat dari bawang putih mentah yang difermentasi dengan menggunakan alat tertentu pada suhu antara 60 sampai 70 derajat celsius, di bawah kelembapan tinggi antara 80-90 persen selama tiga hingga empat minggu. Dalam proses itu, bawang putih akan mengalami reaksi Mailard atau proses kimia yang menghasilkan rasa baru dan ringan, manis, dan tanpa rasa panas.

Reaksi tersebut tak cuma memberikan warna gelap pada bawang putih, dan rasa baru tapi juga tekstur lebih lembut dan kenyal mirip jeli, dan aroma yang berbeda. Selain itu, nilai gizinya juga lebih tinggi.

Bawang hitam bekerja dengan baik dalam memberikan rasa gurih dan manis. Karena itu, bawang hitam bisa digunakan dalam segala hidangan, mulai sebagai campuran daging hingga makanan penutup.

Dan perlu diketahui bahwa dibandingkan dengan bawang putih mentah, bawang hitam tidak melepaskan rasa yang kuat karena berkurangnya kandungan allicin. Kandungan allicin membuat bawang putih mentah punya rasa yang kuat. Jadi dengan berkurangnya allicin, bawang hitam tidak akan meninggalkan bau bawang yang menyenggat setelah dikonsumsi.

Bawang hitam juga punya sifat antioksidan dan antibakteri dua kali lebih tinggi dari bawang putih mentah, yang sangat baik dikonsumsi untuk proses penyembuhan penyakit. Selain itu, bawang hitam juga merupakan sumber kalori, protein, serat, kalsium, vitamin C, tembaga, dan zat besi.

Dibanding bawang hitam, bawang putih mentah lebih rendah kalori dan mengandung lebih sedikit natrium dan sedikit lebih banyak vitamin C. Sementara bawang hitam mengandung lebih banyak serat dan zat besi, serta sedikit lebih rendah kandungan karbohidratnya.

Apa Itu Bawang Hitam, Benarkah Lebih Sehat dari Bawang Putih? Ilustrasi bawang hitam/Foto: iStock


Sejarah bawang hitam

Sebenarnya asal usul bawang hitam tidak diketahui secara tepat dan kontroversi. Namun selama berabad-abad silam, bawang hitam sudah dikonsumsi sebagian besar masyarakat di negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand.

Dikutip dari Science Direct, bawang ini juga sudah dikenalkan di Taiwan dan negara lainnya beberapa tahun lalu. Dan dalam beberapa tahun terakhir, banyak koki kelas atas di sejumlah negara menggunakan bawang hitam untuk membumbui ayam, ikan, sup, dan risotto.

Namun sebelum digunakan dalam menu masakan, ternyata bawang hitam lebih dahulu digunakan dalam bidang medis. Malah dalam mitologi China dan beberapa negara Asia, bawang hitam diyakini bisa memberikan umur panjang.

Selain bisa memanjangkan umur, bawang hitam juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan di sebagian negara Asia, seperti Korea Selatan dan Thailand. Caranya dengan menambahkan bawang hitam ke berbagai produk makanan atau minuman, seperti minuman energi dan cokelat.


Manfaat bawang hitam bisa menyehatkan sekaligus memanjangkan umur sudah diterjemahkan ke dalam filsafat modern ketika bawang hitam pertama kali dipasarkan di dunia Barat sebagai makanan kesehatan. Namun bawang hitam baru mendapat perhatian internasional setelah ditampilkan sebagai bahan khusus dalam kompetisi memasak selama beberapa tahun terakhir.

Alhasil, bawang ini menjadi sangat dicari untuk membuat rasa lezat sekaligus memberikan manfaat kesehatan. Nah, apakah Bunda tertarik mencoba bawang hitam?

Bunda bisa simak manfaat bawang putih yang bisa meredakan sakit gigi di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi