Sign Up search


moms-life

Tips Memilih Warna Cat Tembok Eksterior Rumah Minimalis

Annisa Karnesyia Jumat, 20 Mar 2020 12:26 WIB
Tips Memilih Warna Cat Tembok Eksterior Rumah Minimalis caption
Jakarta - Bila Bunda berencana membangun rumah minimalis, jangan lupa untuk merencanakan dengan detail ya. Hal ini bertujuan untuk menekan pengeluaran yang tidak diinginkan.

Hal yang sama juga diungkapkan Dosen arsitektur interior di Universitas Ciputra, Lya Dewi Anggraini, S.T, M.T., Ph.D. Menurutnya, biaya bisa membengkak kalau sejak awal tidak dibuat perencanaan.


"Biaya membengkak karena perencanaan di awal tidak ada," kata Lya kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Selain desain interior yang harus dipikirkan dengan matang, Bunda sebaiknya memikirkan desain eksterior ya. Misalnya, memilih warna cat rumah yang terlihat sederhana namun elegan.

Dikutip dari berbagai sumber, pemilihan warna cat tembok eksterior menjadi poin penting untuk menunjukkan kesan mewah di rumah impian Bunda. Sebab, warna bisa menggambarkan identitas penghuninya.

Berikut 8 pilihan warna cat eksterior rumah minimalis. Bunda bisa pilih untuk diaplikasikan ke rumah impian ya.

1. Warna klasik

Warna klasik biasanya memadukan warna krem dan putih cerah. Agar terlihat menarik dan tidak membosankan, Bunda bisa tambahkan lampu eksterior atau jenis lentera di dekat pintu masuk.

2. Abu-abu

Warna abu-abu dapat membuat rumah terlihat modern dan tidak lekang oleh waktu. Kalau tembok di cat warna abu-abu, maka aplikasikan warna cerah untuk pintu dan warna putih untuk kayu di pinggiran jendela.

3. Warna putty

Warna putty atau kelabu tua mirip dengan warna abu-abu cerah, namun sedikit kecokelatan. Warna ini cenderung netral untuk cat eksterior rumah minimalis. Untuk membuatnya menonjol, bisa tambahkan cat warna kayu atau hitam untuk daun jendela.

Ilustrasi rumah minimalisIlustrasi rumah minimalis/ Foto: Getty Images/iStockphoto/KangeStudio


4. Biru

Warna biru bisa berarti memancarkan semangat. Warna yang belakangan populer untuk desain eksterior rumah adalah warna biru keabu-abuan dengan sentuhan garis warna putih. Cat warna biru secara alami cocok untuk rumah minimalis dengan teras atau jalan setapak.

5. Warna sage hijau

Di Amerika Serikat, warna sage hijau cukup populer, Bun. Warna ini cocok bagi rumah minimalis yang memiliki taman kecil di halaman.

6. Kuning

Daya tarik warna eksterior rumah kuning bisa menangkap pesona yang menyenangkan. Biasanya cat warna ini kerap dikaitkan dengan bangunan kuno atau tradisional. Jika Bunda ingin mengaplikasikannya, sebaiknya pilih warna kuning pastel atau yang tidak terlalu terang ya, misalnya warna jerami.

7. Warna kayu

Bila warna abu-abu kerap dikaitkan dengan rumah bergaya modern, maka warna kayu bisa memberi kesan hangat. Bila perlu, kita bisa memadukan warna abu-abu dan kayu untuk membangun rumah minimalis bergaya kontemporer, Bun.


8. Putih

Bila rumah minimalis kita dibangun di antara tanaman atau pemandangan, tak ada salahnya menggunakan warna terang seperti putih. Warna ini bisa menambah kontras tanpa takut terlalu mencolok.

Bunda, simak juga tips menata rumah subsidi minimalis, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi