Sign Up search


moms-life

Bunda Mau Punya Anak Kedua, Sudah Siapkah Anggaran Dananya?

Kinan Minggu, 22 Mar 2020 12:10 WIB
Bunda Mau Punya Anak Kedua, Sudah Siapkah Anggaran Dananya? Ilustrasi rencana punya anak kedua/ Foto: iStock
Jakarta - Sebelum memutuskan untuk memilikiĀ anak kedua, ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan dan disiapkan sejak awal. Salah satunya tentang bujet dan keuangan.

Mulai dari biaya kontrol rutin kehamilan, biaya persalinan, kebutuhan bayi hingga dana pendidikan nantinya, semua akan jauh lebih baik jika disiapkan sejak awal ya, Bun.


Seperti disampaikan oleh konsultan keuangan keluarga, Kimberly Palmer, kondisi rumah seperti kamar tidur anak juga sebaiknya perlu dipikirkan. Pun demikian tentang keselamatan anak, misalnya tambahan car seat.


Masalah lain yang juga perlu dipikirkan nantinya adalah bujet untuk pengasuhan anak, terutama jika Ayah dan Bunda sama-sama bekerja. Ini berarti harus ada anggaran untuk pengasuhan anak, misalnya dengan daycare.

rencana punya anak keduarencana punya anak kedua/ Foto: dok. iStock
Menurut Palmer, akan jauh lebih baik jika rencana untuk memiliki anak kedua dibarengi juga dengan diskusi soal keuangan keluarga bersama pasangan. Semakin awal bujet dibuat dan dana ditabung, semakin baik kesiapan keuangan keluarga.

"Konsisten untuk menyiapkan dana sejak awal akan membantu keluarga lebih siap dari segi keuangan. Sebaliknya, menunda-nunda berisiko membuat keuangan nantinya menjadi kacau," imbuh Palmer, dikutip dari Discover.


Termasuk soal dana pendidikan ya, Bunda. Dilansir Money, konsultan Mark Kantrowitz menegaskan pentingnya orang tua juga mempertimbangkan tentang dana pendidikan sejak awal. Jadi, jangan ragu untuk mendiskusikanĀ terlebih dahulu secara detail dengan pasangan.

Simak kisah AviĀ Basalamah saat jadi artis, di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi