Sign Up search


moms-life

7 Khasiat Minyak Kutus-kutus: Antioksidan hingga Obati Penyakit Serius

Annisa Afani Jumat, 27 Mar 2020 11:03 WIB
7 Khasiat Minyak Kutus-kutus: Antioksidan hingga Obati Penyakit Serius Servasius Bambang Pranoto/Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth
Jakarta - Beberapa tahun ini, minyak kutus-kutus popularitasnya meroket, terutama di kalangan ibu-ibu. Itu karena minyak ini dipercaya mampu mengobati bermacam-macam penyakit.

Servasius Bambang Pranoto yang menjadi orang pertama membuat minyak ini mengatakan, sebenarnya minyak ini tidak menyembuhkan penyakit. Lebih tepatnya, minyak ini mampu merangsang kekuatan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.


Pranoto juga menganalogikan cara kerja minyak ini seperti antibodi, dengan membentuk tubuh agar mampu melawan virus dan penyakit dalam tubuh. Karena pada dasarnya, kata dia, Tuhan telah menciptakan manusia secara lengkap, dan dengan kemampuan menyembuhkan diri.


"Selama kalau sakit kita ke dokter, tapi tidak pernah melatih diri untuk sembuh sendiri," kata dia, dikutip dari detikcom.

Minyak kutus-kutus sendiri dibuat dari bahan herbal dan bebas zat kimia serta hewani. Bahan baku membuat minyak ini menggunakan akar, batang, bunga, buah-buahan pilihan yang diekstraksi dengan minyak kelapa.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Bunda dapat dari minyak kutus-kutus:

1. Sebagai antioksidan

kandungan beragam tanaman herbal seperti daun neem, temulawak, dan bahan lainnya diketahui mampu dijadikan antioksidan. Maka tidak aneh jika minyak kutus-kutus dianggap juga mampu menangkal kanker dan meningkatkan kekebalan serta imun tubuh sehingga terhindar dari virus, jamur, atau bakteri yang menyebabkan infeksi.

2. Pereda nyeri

Dengan kandungan herbal pilihan di dalamnya, minyak kutus-kutus juga mampu bertindak sebagai pereda nyeri atau analgesik. Dengan manfaat tersebut, Bunda dapat menggunakannya untuk menghilangkan rasa nyeri karena asam urat, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri haid.

Selain itu, aroma yang dihasilkan dari minyak kutus-kutus juga dapat merelaksasikan dan mengurangi rasa sakit di kepala, lho.

3. Merawat kulit

Selain sebagai obat menyembuhkan penyakit, minyak kutus-kutus yang terbuat dari bahan dasar minyak kelapa ini juga bisa digunakan sebagai skincare alami. Nah, bagi Bunda yang memiliki masalah kulit kering, minyak herbal ini dipercaya memiliki khasiat untuk melembapkan.

4. Wasir

Minyak herbal ini juga bisa dimanfaatkan bagi penderita wasir. Menurut beberapa sumber, minyak ini dapat digunakan sebagai alternatif pendamping obat dari dokter.

{SEO} 7 Khasiat Minyak Kutus Kutus: Antioksidan hingga Obati Penyakit SeriusIlustrasi sakit wasir/Foto: thinkstock


5. Vitalitas

Minyak kutus-kutus yang berbahan dasar minyak kelapa ini juga mengandung purwaceng di dalamnya. Sebagaimana yang telah diketahui, tanaman ini dikenal sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah seksual. Dengan begitu, minyak ini dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pada pria maupun wanita.

6. Kesehatan hingga pencernaan

Minyak kutus-kutus yang asli dapat memberi manfaat untuk kesehatan mulut seperti gusi bengkak, sariawan, atau bau mulut. Dalam kandungannya, terdapat antibakteri yang bersumber dari bahan-bahan alami yang digunakan.

Namun tidak hanya itu, minyak ini juga diklaim dapat menjaga performa dan sistem pencernaan. Dimulai dari menjaga kerja lambung, sakit perut, dan beragam masalah pencernaan lainnya.


7. Penyakit serius

Tidak hanya dimanfaatkan untuk mengobati sakit ringan, minyak ini juga dapat Bunda gunakan untuk berbagai jenis sakit berat. Karena sifat minyak yang membangunkan sel penyembuh dari dalam diri ini mampu memberikan hasil yang optimal. Adapun penyakit serius yang dimaksud, di antaranya lumpuh, diabetes, darah tinggi, hingga kanker.

Nonton juga yuk Bun, bagaimana gerakan pijat untuk mengatasi migren pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]





(AFN/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi