sign up SIGN UP search


moms-life

Hukum Wanita yang Sedang Haid Berzikir dan Membaca Alquran

Kinan Jumat, 13 Mar 2020 16:09 WIB
Ingin tetap mendapat pahala dengan berzikir dan membaca Alquran tapi sedang haid. Bagaimana ya, Bun? caption
Jakarta - Berzikir dan membaca Alquran menjadi salah satu bentuk ibadah dalam Islam yang baik dilakukan guna meraih pahala dari Allah SWT. Tapi, jika seorang wanita sedang haid, apakah kegiatan ini masih boleh dilakukan dan bagaimana hukumnya?

Dikutip dari buku Fikih Sunnah Wanita yang ditulis oleh Abu Malik Kamal ibn as-Sayyid Salim, menurut pendapat mazhab Syafi'i dan Ahmad, berzikir dan membaca Alquran boleh dilakukan bagi wanita yang sedang haid dan sedang junub.


Pendapat ini dikuatkan oleh hadis dari ummu' Athiyyah, di mana disebutkan dalil bahwa wanita-wanita yang sedang haid juga boleh bertakbir dan berzikir mengagungkan nama Allah SWT.

Pun Rasulullah SAW pernah berkata kepada Aisyah RA yang sedang haid, "Lakukanlah semua yang dilakukan oleh orang yang melaksanakan haji.."

tasbihtasbih/ Foto: Rachman Haryanto

Ibnu Hazm berkata di dalam al-Muhalla (1/77,78) bahwa membaca Alquran, bersujud dalam membacanya, memegang mushaf, dan berzikir menyebut nama Allah SWT merupakan amal-amal baik yang disunnahkan. Orang yang melakukannya pun akan mendapatkan pahala.

Menurutnya, jika ada pernyataan bahwa hal-hal tersebut terlarang dalam beberapa kondisi, harus ada dalil yang jelas tentangnya terlebih dahulu.


Tapi, meskipun berzikir dan membaca Alquran boleh dilakukan saat Bunda haid, tetap jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri, ya. Selain bermanfaat bagi kenyamanan, menjaga kebersihan diri saat sedang haid juga penting bagi kesehatan.

Seperti dilansir Very Well Health, membersihkan diri saat haid  misalnya dengan rutin mengganti pembalut dan membersihkan area organ intim dengan air bersih.

Setelah membaca penjelasan di atas, simak juga penjabaran mitos atau fakta mengenai larangan meminum es saat datang bulan dalam video berikut ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]




(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi