sign up SIGN UP search


moms-life

Hati-hati, Efek Samping Mengonsumsi Habbatussauda Sembarangan

Annisa Afani Kamis, 02 Apr 2020 18:03 WIB
Meski tergolong sebagai obat-obatan herbal, habbatussauda juga memiliki efek samping lho Bun. Apa saja sih efek samping yang bisa ditimbulkan? caption
Jakarta - Habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu rempah dari tanaman yang dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Timur Tengah, Eropa, atau di Asia Barat.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa habbatussauda memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan dan sebagai pengobatan. Beberapa ilmuwan pun telah melakukan penelitian guna membuktikannya.


Kandungan dalam habbatussauda terdapat vitamin, asam amino, saponin, minyak atsiri, protein, asam limonelat, kalsium, natrium, kalium dan lainnya. Habbatussauda juga dipercaya berkhasiat untuk mengobati asma, diabetes, hipertensi, kesehatan kulit, mengatasi infertilitas pada pria, dan mengurangi nyeri pada radang sendi.


Namun dengan banyaknya khasiat dan manfaatnya, mengonsumsi habbatussauda sama saja dengan cara mengonsumsi obat herbal lainnya, yakni tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Karena hal tersebut bisa saja menimbulkan efek samping seperti gangguan ginjal dan organ hati. Jika digunakan sebagai pendamping dari obat resep dokter, dapat mengakibatkan turunnya khasiat obat tersebut. Selain itu, juga bisa berdampak pada ibu hamil dan mengganggu rahimnya, lho Bun.

Hati-hati, Konsumsi Habbatussauda Sembarangan Bisa Timbulkan Efek Samping!Foto: CNN

Minum obat-obatan herbal sebagai alternatif penyembuhan berupa rebusan relatif aman dikonsumsi karena zat toksik yang mungkin terkandung sudah mengalami perubahan struktur kimia. Meskipun begitu, suplemen herbal sejatinya tetap tidak boleh diminum sembarangan karena reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda satu sama lain.

Meskipun memiliki keluhan sama, belum tentu obat herbal tersebut dapat memberikan hasil yang sama. Maka dari itu, obat-obatan herbal seperti habbatussauda sebaiknya hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

Dikutip dari Very Well Wealth, kemungkinan efek samping yang ditimbulkan jika mengonsumsi habbatussauda secara berlebihan dan jangka panjang, seperti ruam pada kulit karena alergi pada beberapa orang. Menurut sebuah laporan, komponen minyak habbtussauda, yakni melanthin mungkin beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Minyak ini juga berpotensi memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko perdarahan. Karena itu, jika memiliki kelainan perdarahan atau sedang mengonsumsi obat yang mempengaruhi pembekuan darah, sebaiknya tidak mengonsumsi habbatussauda.


Selain itu, jika mengonsumsi terlalu banyak bisa membahayakan hati dan ginjal. Disarankan, konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter. Ini untuk mengurangi risiko efek samping yang bisa saja muncul ya Bun.

Bunda bisa simak video tentang serai yang bisa menjadi bahan untuk mengatasi batuk pilek anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi