sign up SIGN UP search


moms-life

Jumlah Rakaat dan Keutamaan Salat Tahajud untuk Cegah Penyakit

Kinan   |   Haibunda Rabu, 01 Apr 2020 12:55 WIB
Ada banyak upaya ibadah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, Bun. Salah satunya adalah dengan salat tahajud. caption
Jakarta - Salat tahajud merupakan salah satu salat sunah yang istimewa, terutama karena tidak mudah untuk bisa melaksanakannya.

Hukum salat malam (qiyamul lail) adalah sunah muakad, dengan waktu setelah salat isya sampai sebelum subuh. Namun waktu yang paling utama untuk salat malam adalah sepertiga malam terakhir.


Dikutip dari buku Amalan Pembuka Rezeki oleh Karya Haris Priyatna dan Lisdy Rahayu, amalan salat tahajud yang paling utama diistiqamahkan adalah 11 rakaat atau 13 rakaat, dengan dua rakaat salat Iftitah (pembukaan).


Cara mengerjakannya yang baik yakni setiap dua rakaat diakhiri satu salam. Cara ini disebutkan oleh Said Ibnu Yazid bahwa Rasulullah SAW salat malam 13 rakaat (2 rakaat salat Iftitah, 8 rakaat salat tahajud dan 3 rakaat salat witir).

Beberapa keutamaan salat tahajud yang perlu diketahui yakni di antaranya membangun kedekatan dengan Allah SWT dan menghapus dosa.

ilustrasi tahajudilustrasi tahajud/ Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev
Dalam hadis dari Abu Umamah Al-Bahili bahwa Rasulullah bersabda. "Lakukanlah qiyamul lail karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, sebuah bentuk pendekatan diri kepada Tuhan, penghapus dosa dan penghalang berbuat salah." (HR At-Tirmidzi).

Selain itu, salat tahajud juga bermanfaat untuk membersihkan diri dari segala macam penyakit, baik rohani maupun jasmani.



"Dirikanlah salat malam, sesungguhnya salat malam itu adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelum kami, ini dapat mendekatkan kamu kepada Tuhanmu, sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh." (HR Ahmad)

Cek manfaat bawang putih buat kesehatan di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!