sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tren Baru Belanja Online di Bulan Ramadan, Kali Ini Cek Bedanya Bunda

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 20 Apr 2020 09:40 WIB
Bulan Ramadan tahun ini, tren belanja online di Indonesia akan mengalami perubahan karena pandemi Corona atau Covid-19. Seperti apa? caption
Jakarta - Pandemi virus Corona atau Covid-19 memaksa banyak orang memanfaatkan jasa e-commerce atau online shop untuk berbelanja. Termasuk mempersiapkan kebutuhan jelang bulan Ramadan.

Belanja online adalah langkah efektif untuk mencegah penularan Covid-19, Bun. Itulah sebabnya, banyak E-commerce berlomba memberikan layanan dan potongan harga jelang dan saat bulang Ramadan nanti.


Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan, tren belanja online Ramadhan tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Ia memprediksi akan terjadi peningkatan kebutuhan pokok dan alat medis.


"Tahun ini kita melihat peningkatan di kategori-kategori esensial seperti makanan pokok, kebutuhan sehari-hari, sabun cuci tangan, dan juga peralatan medis seperti masker dan sarung tangan," kata Handhika, dalam Media Gathering: Peluncuran Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah di YouTube SHOPEE Indonesia, Rabu (8/4/2020).

Ilustrasi Belanja onlineIlustrasi belanja online/ Foto: iStock

Meski begitu, kategori pakaian muslim dan kecantikan juga tetap akan naik di bulan Ramadan ini. Sebab, kebutuhan ini memang yang paling banyak dicari di E-commerce pada bulan Ramadan sebelumnya.

"Di tahun ini, kategori-kategori yang biasa naik di bulan Ramadan akan terus naik, seperti busana muslim dan kecantikan, tapi juga diiringiĀ kebutuhan pokok sehari-hari," ujar Handhika.

Menurut Handhika, trenĀ Ramadan tahun lalu yang cukup banyak dicari adalah barang-barang untuk dijadikan hadiah. Tahun ini, tren jasa pengiriman barang-barang tersebut mungkin akan berbeda.


Jika sebelumnya barang hadiah dikirim ke alamat pembeli atau dibawa ke rumah, sekarang mungkin akan dikirim langsung ke alamat penerima hadiah. Terutama bagi masyarakat yang tak bisa mudik namun ingin mengirim hadiah ke keluarga di kampung halaman.

"Tahun ini mungkin mereka bakal beli dan langsung kirim langsung ke rumahnya masing-masing atau ke kampung halaman masing-masing," ungkap Handhika.

Simak juga tips hemat belanja bulanan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!