sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Belanja Online Agar Aman dan Tidak Tertipu

Siti Hafadzoh Rabu, 16 Sep 2020 17:10 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping. caption
Jakarta -

Di zaman yang serba modern ini, semuanya ada di genggaman. Kita bisa belanja apa saja lewat ponsel, tak perlu keluar rumah.

Namun, tidak semua pemilik toko online bersikap jujur, Bunda. Tak sedikit pembeli yang menjadi korban penipuan ketika belanja online.

Selain penipu, akun Bunda juga bisa saja diretas ketika belanja online. Makanya, Bunda perlu berhati-hati ketika belanja online.


Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 cara belanja online agar aman dan tidak tertipu:

1. Baca review, tapi jangan percaya sepenuhnya

Dilansir Bright Side, toko online mengumpulkan statistik dan informasi dari pelanggan. Misalnya, berapa banyak orang yang telah membeli produk ini.

Mungkin review alias ulasan dari pembeli lain bisa membuat Bunda tahu apakah online shop ini bisa dipercaya. Tapi, jangan terlalu fokus pada pendapat orang lain tentang suatu produk ya. Bunda juga perlu melihat dari pendapat diri sendiri.

2. Bandingkan harga

Kemungkinan besar barang yang dijual satu toko itu sama dengan toko lain. Online shop terus menyesuaikan harga untuk menarik pelanggan.

Sehingga, harga produk cukup naik turun nih, Bunda. Terkadang penjual memberikan harga yang lebih mahal dibandingkan toko lainnya.

Nah, kalau ingin beli barang yang cukup pasaran, ada baiknya riset dulu. Bandingkan harga produk tersebut dari berbagai online shop.

3. Hati-hati dengan diskon

Bunda pasti menemukan banyak diskon di internet. Mulai dari diskon di media sosial hingga e-commerce.

Namun, dilansir Latin America Post, ternyata beberapa tawaran yang ada di internet bertujuan untuk mengumpulkan informasi pribadi Bunda. Sehingga, memungkinkan untuk diretas.

4. Jangan gunakan WiFi publik

Ketika belanja online, sebaiknya jangan gunakan WiFi publik ya, Bunda. Gunakan jaringan pribadi yang mengenkripsi jaringan.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah informasi pribadi dapat dilacak. Sekaligus untuk menjaga keamanan password milik Bunda.

Bunda, simak tips agar belanja bersama anak lebih seru berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi