sign up SIGN UP search


moms-life

Bolehkah Bunda Salat Idul Fitri di Rumah? Ini Penjelasan MUI

Siti Hafadzoh Selasa, 19 May 2020 08:03 WIB
Shot of a group of young muslim women praying together indoors caption
Jakarta -

Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Tapi, Idul Fitri kali ini akan terasa berbeda karena kita merayakannya di tengah pandemi corona.

Bagi Bunda yang tinggal di daerah yang masih banyak penyebaran Covid-19, mungkin akan ragu untuk salat Idul Fitri di masjid. Lalu, apakah boleh melaksanakan salat Id di rumah?

SalatĀ Idul Fitri ini hukumnya sunah muakad. Salat Id disunahkan bagi setiap umat Islam, baik perempuan, laki-laki, orang tua, hingga anak-anak.


Salat Id biasanya dilaksanakan berjamaah. Kita umumnya salat Id di masjid, musala, atau lapangan bersama orang-orang sekitar.

Namun, lebaran tahun ini, Bunda yang tinggal di kawasan rawan penyebaran corona boleh salat Id di rumah nih. Salat Idul Fitri bisa dilaksanakan sendirian atau berjamaah dengan keluarga.

"Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama yang berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali," kata MUI dalam Fatwa tentang Panduan Kaifat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19 dikutip dari situs resmi MUI pada Senin (18/5/2020).

Young Muslim Women prayingSalat Idul Fitri di rumah/ Foto: iStock

Salat Idul Fitri berjamaah di rumah minimal dilaksanakan berempat, Bun. Satu orang imam dan tiga orang makmum.

Tata cara salatnya mengikuti panduan salat Idul Fitri berjamaah dan pelaksanaan khutbah. Kalau jamaah kurang dari 4 orang dan di rumah tidak ada yang mampu berkhutbah, salat Idul Fitri boleh dilakukan tanpa khutbah.

Nah, kalau salat Idul Fitri dilaksanakan secara sendiri, ketentuannya seperti ini, Bunda.

a. Berniat shalat Idul Fitri secara sendiri yang jika
dilafalkan berbunyi;

"Ushallii sunnatanĀ li'idil fithri rak'ataini lillaahi ta'aala"

b. Dilaksanakan dengan bacaan pelan (sirr).

c. Tata cara pelaksanaannya mengacu pada Panduan Kaifiat Shalat Idul Fitri Berjamaah

d. Tidak ada khutbah.

Jadi, salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah ya bagi Bunda yang tinggal di kawasan rawan penyebaran corona. Tahun ini Bunda akan melaksanakan salat Idul Fitri di mana nih?

Semoga membantu, Bunda.

Bunda, lihat inspirasi nastar salted egg berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi