sign up SIGN UP search


parenting

Bagaimana Hadapi Anak yang Rewel Ingin Ketemu Nenek Saat Lebaran?

Annisa Afani Senin, 18 May 2020 08:09 WIB
Loving mother consoling or trying make peace with insulted upset stubborn kid daughter avoiding talk, sad sulky resentful girl pouting ignoring caring mom embracing showing support to offended child Bagaimana Hadapi Anak yang Rewel Ingin Ketemu Nenek Saat Lebaran?/ Foto: iStock
Jakarta -

Mudik ke kampung halaman memang jadi tradisi setiap Hari Raya Idul Fitri ya, Bun. Namun dengan kondisi yang berbeda kali ini, kita sudah semestinya mematuhi pemerintah untuk menunda mudik. Tentu demi memutus rantai penularan COVID-19.

Namun, bagi si kecil yang belum memahami situasi, mungkin hal ini akan terasa aneh. Karena mungkin setiap tahun sudah jadi kebiasaan baginya untuk mengunjungi nenek dan kakek saat Lebaran.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi anak yang maksa ingin ketemu neneknya saat Lebaran?


Menurut psikolog anak Ratih Zulhaqqi S.Psi, M.Psi, yang terpenting untuk mengatasi hal tersebut yakni Bunda berikan penjelasan yang mudah dipahami anak.

"Diberikan pemahaman tentang situasi atau adanya imbauan larangan mudik. Lalu berikan juga gambaran tentang bagaimana sebuah virus akan menyebar dan juga efeknya akan seperti apa," jelas Ratih pada HaiBunda, saat dihubungi via WhatsApp, Minggu (17/5/2020).

Ilustrasi anak nangisIlustrasi anak nangis/ Foto: iStock

Bagi anak berusia dibawah 11 tahun, Bunda bisa menggunakan media gambar sebagai bantuan agar anak bisa melihat kondisi saat ini lebih konkret.

Namun, jika anak tetap rewel karena merasa keinginannya belum terpenuhi, maka Bunda bisa melakukan hal kreatif untuk mengalihkan perhatian anak.

"Orang tua bisa membuat aktivitas mudik secara role play, yang tentunya dengan bantuan alat komunikasi video call. Jadi bisa menggunakan 'Mudik Virtual' sebagai judul permainan," saran Ratih.

Selain sebagai pengalihan, hal ini juga masuk dalam kreativitas orang tua untuk tetap menghadirkan suasana mudik. Ini juga bisa mengobati luka hati anak karena tidak bisa mudik ya, Bun.

Selamat mencoba dan semoga berhasil...

Simak juga kiat Kirana Larasati agar anaknya senang belajar di rumah, dalam video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi