sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Menolak Kunjungan Tamu Saat Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona

Siti Hafadzoh Sabtu, 23 May 2020 13:14 WIB
A Malay Muslim family having Hari Raya Aidlfitri/ Eid-Ul-Fitr meals at their home on in Malaysia. 4 Tips Menolak Kunjungan Tamu Saat Idul Fitri di Tengah Pandemi Corona/ Foto: iStock
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri merupakan ajang silaturahmi dengan keluarga dan sahabat. Kita biasanya datang ke rumah kerabat, atau mungkin mereka yang bertamu ke rumah Bunda.

Namun, lebaran tahun ini sebaiknya tidak bertamu atau menerima tamu dulu, Bunda. Kita kan masih perlu menjaga jarak demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto selalu menekankan pentingnya menjaga jarak. Membatasi kontak fisik dengan orang lain juga merupakan cara untuk menekan penyebaran Covid-19.


"Kita tidak pernah tahu di luar siapa yang membawa virus ini. Oleh karena itu, tetap berada di rumah adalah sebuah pilihan yang bijak dalam kaitan dengan pengendalian COVID-19 ini," ujarnya beberapa waktu lalu.

Bagaimana ya cara menolak tamu di hari raya supaya mereka tidak tersinggung? Nah, dikutip dari mStar, ini 4 tips menolak kunjungan tamu ketika Idul Fitri.

1. Hubungi keluarga

Beberapa hari sebelum lebaran, luangkan waktu untuk menghubungi keluarga atau teman melalui telepon. Selain untuk menanyakan kabar, beri tahu juga bahwa Bunda tidak menerima tamu di hari raya tahun ini.

Ilustrasi Hari Raya Idul FitriIlustrasi Hari Raya Idul Fitri/ Foto: iStock

2. Umumkan di media sosial

Sebagian besar saudara dan teman mungkin mengikuti media sosial Bunda. Nah, beri tahu keputusan tidak menerima tamu di lebaran tahun ini lewat status di media sosial.

3. Kirim hadiah

Untuk mengganti kehadiran di hari raya, Bunda bisa kirimkan hadiah ke orang terdekat. Sampaikan juga pesan bahwa kondisi tidak memungkinkan untuk bersilaturahmi secara langsung.

4. Salam dari jauh

Kalau masih ada saja tetangga yang datang ke rumah, sambut dan lakukan salam dari jarak jauh. Tetap ingat selalu menjaga jarak ya, Bunda.

Semoga membantu!

Lihat juga fakta social distancing untuk mencegah penyebaran corona di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi