sign up SIGN UP search


moms-life

9 Hal Produktif yang Bisa Bunda Lakukan Usai Bangun Tidur, Tetap Semangat Yuk

Asri Ediyati Selasa, 19 May 2020 17:41 WIB
Asian women drinking coffee and wake up in her bed fully rested and open the curtains in the morning to get fresh air on sunshine caption
Jakarta -

Sudah dua bulan di rumah saja, mungkin di antara kita merasa agak penat menjalani pola yang begitu-begitu saja di rumah. Bunda bagaimana?

Hmm.. kalau sudah merasa penat seperti ini berarti kita perlu melakukan aktivitas produktif lainnya nih, Bunda. Menurut penulis buku Brian Rowe, untuk membuat hari lebih sukses dan produktif semuanya bermula dari apa yang kita lakukan usai bangun tidur.

Ya, usai bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk memulai hari yang produktif. Energi Bunda sudah kembali dan siap melakukan aktivitas.


"Dalam beberapa hari terakhir, saya telah mencoba untuk mencampur kegiatan saya ketika saya bangun, dan saya akhirnya mulai memiliki lebih banyak kesuksesan sepanjang pagi ... dan lebih banyak produktivitas sepanjang hari!" tulis Rowe, di Medium yang dikutip pada (19/5/2020).

Berikut adalah 9 hal yang menurut Rowe perlu Bunda lakukan agar hari menjadi produktif dan enggak flat:

1. Hindari gadget selama 30 menit

Setelah seminggu mencoba ini, Rowe merasa ada perbedaan dengan sikapnya. "Ini adalah perubahan utama yang saya buat pada minggu lalu, dan saya sudah melihat perbedaan besar dalam sikap saya selama sisa pagi itu," kata Rowe.

Tinggalkan media sosial sejenak selama setengah jam. Beri diri sendiri waktu setelah bangun tidur.

2. Baca buku

Rowe mengatakan, membaca adalah cara yang bagus untuk memulai pagi Bunda karena bisa memperkuat pikiran. Alih-alih hanya dengan tanpa berpikir menelusuri feed media sosial dan menonton berita dan berton-ton iklan, Bunda memulai hari dengan 'memberi makan' pikiran. Membaca adalah relaksasi yang baik, dan ini cara yang sangat tepat untuk memulai hari.

3. Meditasi

Ada begitu banyak cara meditasi hanya dari tempat tidur, Bunda dapat menemukan kedamaian batin sebelum menjalani hari yang mungkin bikin pusing. Menemukan sesuatu yang menenangkan akan membantu Bunda selama berjam-jam.

4. Minum teh hijau

Rowe yang juga berprofesi guru itu mengatakan, "Ada banyak sekali manfaat teh hijau. Ini adalah minuman yang sehat, dan begitu Anda mulai meminumnya setiap hari, Anda benar-benar mulai mengembangkan rasa untuk itu."

5. Olahraga

Bunda dapat melakukan segala jenis olahraga yang diinginkan. Hal penting tentang berolahraga di pagi hari adalah bahwa itu akan bermanfaat bagi kita dalam segala hal. Berolahraga akan membuat kita bugar secara fisik dan mental. Ini akan membuat Bunda bersemangat untuk lebih produktif hari yang akan datang.

ilustrasi olahraga yoga di rumahilustrasi olahraga yoga di rumah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

6. Mandi dan kenakan baju bersih dari lemari

"Mandi dan mengenakan pakaian baru mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda di sini, Anda hadir, dan Anda akan menjalani hari sebaik mungkin. Anda siap unjuk gigi dan tidak mengenakan daster atau piyama selama berjam-jam," kata Rowe.

7. Menulis selama lima menit

Ini berlaku untuk Bunda yang penulis dan non-penulis. Bagi Rowe, ini berlaku untuk semua orang. Menulis adalah kegiatan terapi. Lewat menulis, Bunda meletakkan pikiran, bekerja melalui ide-ide, dan itu memungkinkan Bunda untuk menjadi sekreatif yang diinginkan.

ilustrasi kucingilustrasi kucing/ Foto: iStock

8. Berinteraksi dengan hewan peliharaan

Rowe yang memiliki dua anjing ini menyarankan untuk coba berinteraksi dengan hewan peliharaan di rumah, jika Bunda ada. Ini menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menenangkan.

"Selalu penting untuk memulai setiap hari dengan cara yang positif, dan apa yang lebih positif daripada memiliki hewan penyayang di sisi Anda?" ujar Rowe.

9. Makan dessert sebagai sarapan

Kata Rowe, penting untuk memulai hari dengan yang manis-manis. Seperti yang kita tahu, semua orang makan dessert favorit mereka di akhir karena jadi makanan paling enak.

"Penting untuk tidak membebani diri Anda hal pertama di pagi hari. Anda ingin merasakan yang terbaik. Jadi temukan sesuatu yang manis yang membuat Anda bahagia, yang membuat Anda merasa baik, dan kemudian Anda baik-baik saja di jalan Anda!" ujarnya.

Simak juga ide dekorasi kamar tidur minimalis melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi