sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menyimpan Ketupat Agar Tak Cepat Basi, Bunda Perlu Tahu

Arina Sabtu, 23 May 2020 11:10 WIB
Ketupat or packed rice dumpling. Delicious traditional Malay ramadan food. Popular Malaysian food on bamboo mat. caption
Jakarta -

Ketupat menjadi salah satu hidangan yang selalu ada saat Hari Raya. Namun jika tidak disimpan secara tepat bisa cepat basi, Bunda.

Mungkin Bunda sering menemukan ketupat menjadi berlendir atau basi keesokan harinya, setelah hari pertama Lebaran. Padahal ketupat bisa bertahan berhari-hari bahkan sampai satu minggu jika cara penyimpanannya sesuai.

Jika Bunda ingin ketupat lebih awet, perhatikan beberapa cara menyimpan ketupat agar tidak cepat basi:


1. Cara Memasak

Sebelum menyimpan ketupat dengan benar, perhatikan cara pembuatannya. YouTuber dengan akun Sobat Dapur yang memiliki subscriber lebih dari 2 juta mengatakan bahwa ketupat bisa cepat basi bila tak dimasak secara tepat.

Salah satu yang penting diperhatikan ketika merendam ketupat dalam panci presto. "Airnya harus sudah matang dulu baru masukin ketupatnya biar nggak gampang basi," kata pemilik akun Sobat Dapur dalam videonya yang berjudul 'Tips buat ketupat yang lembut dan tak mudah basi'.

2. Digantung

Setelah matang, cara menyimpan ketupat agar tidak cepat basi dengan menggantungnya. Ketika ketupat digantung maka air yang tersisa dari dalamnya akan kering sehingga tak membuat ketupat berlendir.

Simpan dengan menggantungnya dalam suhu ruangan yang kering sudah bisa membuat ketupat bertahan kurang lebih 24 jam.

ketupat5 cara menyimpan ketupat biar enggak cepat basi/ Foto: istimewa

3. Jangan Ditutup Tudung Saji

Ketika menyajikan ketupat di atas meja makan maka jangan ditutup dengan tudung saji. Ketupat yang ditutup tudung saji akan mudah berlendir dan cepat basi. Itu kenapa Bunda disarankan menyimpan ketupat dengan cara digantung.

4. Masukkan Plastik

Cara lain menyimpan ketupat agar tidak cepat basi dengan memasukkannya ke dalam plastik. Bunda bisa meletakkan ketupat dalam plastik lalu ikat. Pastikan sudah kedap udara.

Kemudian masukkan ke dalam kulkas. Cara menyimpan ketupat dengan memasukkannya dalam kulkas bisa bertahan hingga tiga hari, Bunda.

5. Freezer

Mau ketupat lebih awet bahkan sampai satu minggu? Bunda bisa menyimpan ketupat dalam freezer agar tidak cepat basi. Cara menyimpan ketupat dalam freezer juga perlu dimasukkan ke dalam plastik, Bunda. Baru kemudian simpan dalam freezer.

Bisa dicoba di rumah, Bunda.

Bunda, simak yuk keseruan keluarga Sissy Priscilla dan Rifat Sungkar persiapkan ketupat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi