sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kesalahan Menata Rumah Minimalis, Sepele tapi Jarang Disadari

Yuni Ayu Amida Minggu, 07 Jun 2020 05:00 WIB
Rumah minimalis caption
Jakarta -

Ada hal-hal yang pastinya harus diperhatikan saat mendesain atau menata rumah minimalis, Bunda. Karena beberapa kesalahan dalam menata rasanya bisa mengurangi nilai minimalisnya.

Hanya saja, kadang kita tidak menyadari kesalahan tersebut karena dirasa terlalu sepele. Padahal menghindari kesalahan kecil ini bisa membuat tampilan rumah minimalis jadi lebih seimbang lho.

Nah, berikut ini 5 kesalahan umum dalam menata rumah minimalis, dilansir My Domaine:


1. Krisis warna

Pemilihan warna untuk mendesain rumah minimalis adalah hal yang penting. Hal ini pun tidak bisa asal-asalan, Bunda. Sebaiknya pilihlah warna-warna netral, tapi juga hiasi dengan warna-warna berani untuk menumbuhkan kesan hidup. Jangan hanya satu warna untuk semua ruangan karena justru membuat ruang terasa kaku.

"Pilih lebih banyak warna netral di dinding, dan tempelkan warna yang berani pada meja rias, karya seni, atau permadani," kata pakar psikologi desain dan penata gaya di Overstock, Amber Dunford.

2. Tidak memiliki ruang kosong

Kesalahan desain yang umum dilakukan adalah terlalu banyak mengisi tiap inci ruangan. Misalnya dengan menjejalkan banyak kursi untuk kebutuhan tempat duduk, menempelkan banyak pajangan di dinding, dan lainnya.

Tidak memberikan ruang kosong dalam penataan ruangan akan membuat ruang tampak penuh, sesak, dan sempit. Jadi sebaiknya beri transisi di antara area furnitur, demikian disampaikan Dunford.

Ruang Tamu Rumah Minimalis JepangRuang Tamu Rumah Minimalis Jepang/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Navamin keawmorakot

3. Menggunakan banyak tren

"Saya pikir orang sering mencoba memasukkan terlalu banyak tren ke dalam ruang mereka ketika mereka pertama kali mulai mendesain. Tapi ini membuat kita 'terjebak' dalam tampilan," tutur Ariel Kaye, pendiri dan CEO Parachute.

Menggunakan banyak tren atau gaya dalam desain sebuah ruangan malah membuat ruang tampak tidak fokus dan tidak memiliki tema yang kuat. Sebaiknya, Bunda pilih gaya terbaik dan fokus hanya pada satu atau dua tema.

4. Tidak mempertimbangkan ukuran

Salah satu kesalahan umum, yang kerap dilakukan saat mendesain rumah minimalis, adalah tidak melakukan pengukuran ruang sebelum membeli perabot. Hasilnya, kadang perabot yang dibeli bisa terlalu besar atau terlalu kecil, yang membuat ruangan nampak tidak seimbang.

"Sangat penting untuk mengukur ruang Anda dan membuat denah lantai untuk memastikannya terasa seimbang dan fungsional," kata Gabriela Gargano, pendiri Grisoro Designs.

5. Mendekorasi dengan poster

Banyak orang yang masih mendekorasi ruangan mereka, khususnya kamar dengan tempelan poster. Di zaman modern saat ini, bisa dikatakan poster sudah bukan zamannya lagi, Bunda. Sebaiknya, beralihlah ke seni berbingkai dalam menghias dinding.

"Seni dan bingkai tidak harus mahal juga. Anda bisa menggunakan bingkai ukuran standar yang bisa dibeli di pasar lokal. Buat dinding galeri Anda sendiri bercampur dengan cetakan atau foto berbingkai," kata pakar desain interior, Alessandra Wood.

Simak juga konsep rumah minimalis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi