sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Cream Cheese Garlic Bread, Roti Korea yang Sedang Tren

Maya Sofia Kamis, 25 Jun 2020 09:00 WIB
Homemade artisan loaf of sourdough bread broule with crust on a wooden board caption
Jakarta -

Bunda pernah mendengar Cream Cheese Garlic Bread? Ini merupakan roti asal Korea Selatan kekinian yang sedang nge-tren lho. Rasanya yang manis dan gurih dijamin bikin Bunda dan keluarga ketagihan.

Tertarik membuatnya sendiri di rumah Bunda? Jika iya, cek resep Cream Cheese Garlic Bread dikutip dari YouTube Nino's Home:

Bahan:


110 ml susu cair

30 gram gula

4 gram dry yeast atau ragi

250 gram tepung terigu untuk membuat roti

3 gram garam

1 butir telur

20 gram unsalted butter

200 gram cream cheese

30 gram gula

50 gram whipping cream

130 gram unsalted butter

50 gram bawang putih cincang

30 gram condensed milk atau susu kental mani

1 butir telur

20 gram madu

3 gram parsley

Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk. Masukkan susu cair, gula, dan ragi. Aduk hingga rata.

2. Setelah itu tambahkan tepung terigu, garam dan telur. Aduk hingga rata. Setelah tercampur rata, uleni dengan tangan selama lima menit atau hingga adonan tidak lengket.

3. Pindahkan adonan roti ke atas papan kayu. Tambahkan 20 gram unsalted butter. Ulen kembali dengan tangan hingga adonan tercampur rata kurang lebih selama 15 menit. Ambil sedikit adonan. Jika diregangkan, adonan tidak akan robek.

4. Simpan adonan ke dalam mangkuk kosong. Tutup mangkuk dengan plastik. Diamkan atau fermentasi selama 45-60 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5. Setelah mengembang, keluarkan adonan dari mangkuk. Potong adonan menjadi empat bagian dan bentuk bulat. Diamkan selama 30 menit hingga adonan sedikit mengembang.

6. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 15-20 menit.

7. Selanjutnya Bunda bisa membuat krim. Masukkan cream cheese dan gula ke dalam mangku. Aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan whipping cream. Aduk kembali hingga rata.

8. Masukkan krim yang sudah dibuat tadi ke dalam piping bag atau plastik segitiga.

9. Siapkan kembali mangkuk kosong. Kali ini kita akan buat saus bawang putihnya ya, Bunda. Masukkan 130 gram unsalted butter. Siapkan panci berisi air. Setelah air mendidih. Taruh mangkuk berisi unsalted butter tadi di atasnya. Biarkan butter meleleh. Sisihkan hingga suhu unsalted butter berubah menjadi suhu ruang. Tambahkan 50 gram bawang putih cincang, susu kental manis, satu butir telur, madu, parsley. Aduk hingga rata.

10. Ambil roti yang sudah dipanggang. Iris bagian atasnya menjadi enam bagian. Masukkan krim yang sudah dibuat tadi dengan piping bag di sela-sela irisan roti. Terakhir, tuang saus bawang putih di atasnya. Setelah itu panggang kembali dengan suhu 160 derajat Celsius selama 10 menit. Roti Cream Cheese Garlic Bread siap disajikan.

Simak juga resep roti telur mozarella dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi