sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Jerawatan karena Pakai Masker Tiap Hari? Begini Solusinya

Annisa Afani Selasa, 23 Jun 2020 14:43 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask caption
Jakarta -

Salah satu harapan memasuki awal tahun 2020, ialah memiliki kulit wajah yang sehat dan terhindar dari masalah seperti berminyak atau pun jerawat ya, Bunda. Namun mungkin hal tersebut harus terhambat karena wabah COVID-19 yang secara mengejutkan menyebar dengan sangat cepat di seluruh dunia.

Sebagai dampak dari wabah COVID-19 yang belum mereda, kita yang beraktivitas di luar rumah harus pakai masker setiap hari. Masker menjadi barang wajib yang selalu dikenakan.

Nah, masalah kemudian muncul dari penggunaan masker itu sendiri, Bunda. Memakai masker bedah maupun kain sepanjang hari dapat memicu jerawat. Ini disebabkan oleh peningkatan kelembaban yang menyumbat pori-pori di kulit wajah. Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020), berikut ini solusi untuk mengurangi munculnya jerawat karena pakai masker setiap hari:


1. Cuci muka

Setiap kali mengenakan masker untuk waktu yang lama, berisiko adanya peningkatan jumlah sebum atau minyak. Sehingga, mencuci muka adalah salah satu solusi untuk mengatasinya.

Untuk mencuci muka yang berminyak karena masker, mungkin akan Bunda lakukan lebih sering daripada biasanya. Sehingga, Bunda perlu memilih sabun cuci muka yang lembut, dan cocok agar kulit tidak menjadi kering karenanya.

Menggunakan pembersih ringan dan dijadikan sebagai rutinitas malam juga dapat menjadi pilihan yang baik, Bunda. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga keseimbangan pH kulit yang optimal. Namun, jika kulit Bunda sensitif, mungkin cukup dengan tetap mencucinya saja sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Cara pemakaian masker

Penumpukan kotoran di wajah adalah penyebab utama masalah kulit wajah saat memakai masker. Sehingga, disarankan untuk mengganti masker sesering mungkin. Bunda bisa memakai masker bedah sekali pakai dengan 3 lapisan filter di dalamnya, atau juga bisa dengan menggunakan masker kain.

Medical mask and Glasses fogging. Avoid face touching, Coronavirus prevention, Protection.Ilustrasi wanita menggunakan masker. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ChesiireCat)

Baik masker bedah atau kain, keduanya harus tetap dipastikan bersih dan diganti dalam beberapa waktu pemakaian. Untuk masker kain sendiri Bunda bisa menggunakan berulang kali dan dipastikan telah bersih, serta dicuci dari semua bakteri dan makeup yang menempel.

3. Plester jerawat

Campuran kotoran yang menempel di wajah dan kosmetik yang belum dibersihkan dapat membuat jerawat cepat muncul di wajah. Jadi, Bunda perlu untuk memastikan wajah telah bersih dari sisa kosmetik dan kotoran yang masih menempel.

Jika jerawat tetap muncul, aturan utama yang harus diingat ialah jangan memegang, atau memecahkannya. Dilansir dari Asia One, kebanyakan orang Korea Selatan menggunakan plester jerawat untuk menutupinya.

Selain menghindari kontak langsung pada tangan, jerawat juga akan terlindungi dari gesekan masker yang digunakan, Bunda.

Jika Bunda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, maka kunyit, niacinamide dan asam azelaic dapat menjadi anti-inflamasi yang menjadi bahan perawatan kulit harian. Manfaat dari bahan-bahan tersebut, dapat menenangkan kulit ketika terkena peningkatan suhu.

Bunda, simak juga proses terjadinya jerawat di kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi