sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Mengasah Pisau Tanpa Batu Asah, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Minggu, 28 Jun 2020 16:05 WIB
Kitchen Knive on cutting board caption
Jakarta -

Seperti yang Bunda tahu, pisau perlu diasah agar tetap tajam. Jika tidak diasah, pisau tumpul justru membahayakan karena pisau bisa saja mengenai tangan ketika kita bersikeras memotong.

Namun, sebagian rumah tangga memiliki kendala ini yaitu tak memiliki batu asah. Bahkan, mungkin tidak terpikirkan sama sekali untuk memiliki batu asah.

Kabar baiknya, batu asah tak cuma satu-satunya alat untuk mengasah pisau. Jika Bunda ingin mengasah pisau tanpa batu asah, berikut caranya:


1. Pisau lain

Trik ini sangat berguna jika Bunda memiliki lebih dari satu pisau tumpul. Dalam teknik ini, kita bisa menggunakan ujung tumpul dari satu pisau sebagai batang asah untuk pisau lainnya.

Caranya, pegang pisau yang ingin dipertajam di tangan yang tidak dominan dan pisau yang akan digunakan untuk mengasahnya di tangan yang dominan.

2. Bagian bawah mug

Dilansir Insider, seperti yang diperagakan YouTuber J. Kenji López-Alt beberapa waktu lalu, bagian yang lebih kasar di bagian bawah mug porselen berfungsi ganda sebagai alat mengasah pisau. Cukup balikkan mug, temukan bagian yang kasar, dan asah pisau beberapa kali.

Mengasah pisau dengan mugMengasah pisau dengan mug/ Foto: Istimewa

3. Pengikir kuku

Ya, pengikir kuku bisa Bunda gunakan untuk mengasah pisau. Caranya mudah, cukup letakan pengikir kuku di permukaan datar dan stabil lalu pisau bisa diasah dengan gerakan searah.

4. Amplas

Dalam cara ini, Bunda menggunakan bagian kasar amplas untuk mengasah pisau. Amplas memiliki tingkat kekasaran yang mirip dengan batu asah, dan merupakan solusi jangka pendek yang baik jika Bunda tidak memiliki peralatan asah yang praktis.

5. Tali webbing (tali tas dari nilon)

Ya, Bunda bisa pakai tali webbing alias tali tas yang terbuat dari nilon. Caranya mudah, cukup tarik tali webbing dari tas, kemudian asah pisau dengan gerakan searah. Demikian dilansir kanal YouTube Sierra.

Simak juga bahaya talenan kotor bekas guratan pisau:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi