sign up SIGN UP search


moms-life

Posisi Terbaik Saat Makan, Ternyata Bukan Duduk di Kursi

Arina Jumat, 26 Jun 2020 19:35 WIB
Happy family enjoying lunch while kids playing. caption
Jakarta -

Bagaimana kebiasaan Bunda saat makan? Terbiasa duduk di kursi dengan makanan di atas meja? Ternyata posisi terbaik tidak duduk di kursi depan meja makan, Bunda.

Lalu bagaimana posisi makan seharusnya? Dilansir Times of India, ini dia posisi terbaik saat makan yang wajib Bunda ketahui.

Berdiri atau Duduk Sambil Makan?


Ada yang bilang kalau posisi berdiri sambil makan merupakan yang terbaik. Namun ternyata, masih ada posisi makan yang lebih baik lagi dan sudah diterapkan di beberapa negara maju nih, Bunda.

Posisi Bunda makan akan mempengaruhi pencernaan. Posisi makan sambil berbaring yang terburuk karena akan membuat organ pencerna makanan bekerja paling lambat. Itu sebabnya, posisi makan sambil berdiri dianggap lebih baik daripada duduk di kursi. Sebab, proses pencernaan makanan akan jadi lebih baik.

Jadi, apakah posisi makan sambil berdiri yang terbaik? Tidak, Bunda. Ada posisi makan terbaik selain berdiri yakni duduk bersila di lantai. Mengapa duduk bersila di lantai dianggap paling sehat?

Happy family enjoying lunch while kids playing.Posisi duduk terbaik saat makan/ Foto: Getty Images

Faktor yang Mempengaruhinya

Duduk sila di lantai saat makan memaksa tubuh untuk tegak karena harus bertumpu di tanah. Itu bagus untuk kesehatan pinggul dan pergelangan kaki.

Ketika duduk bersilang di lantai sambil memegang piring maka Bunda akan sedikit membungkuk ke depan. Ini akan melibatkan bagian inti dan sedikit mengencangkan otot-otot perut Bunda. Bagus untuk memproses pergerakan makanan.

Alasan terbaik lainnya karena bisa membantu meningkatkan pencernaan, Bunda. Posisi duduk bersila bisa menenangkan Bunda dan membuat usus bekerja lebih baik.

Orang yang punya masalah pada pencernaan seperti sembelit disarankan harus benar-benar mempraktekkan posisi duduk bersila saat makan karena bisa membantumu mengatasinya. Bunda juga akan lebih menikmati makanannya.

Kebiasaan sehat tersebut telah dipraktekkan selama bertahun-tahun di berbagai negara maju. Di Jepang dan China lebih dikenal dengan makan dalam posisi duduk bersila di lantai karena dianggap sebagai media untuk kesehatan.

Apa Bunda sering mempraktekkannya di rumah?

Bunda, simak juga yuk hikmah WFH untuk keluarga Donna dan Darius yang punya banyak waktu untuk makan bersama. Simak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi