sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membuat Cimol Empuk dan Anti Meledak

Asri Ediyati Rabu, 01 Jul 2020 05:40 WIB
It taken with high angle view. this food called cilok from west java. Those properties aren't recognizeable Cara Membuat Cimol Empuk dan Anti Meledak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Art is to answer society problem
Jakarta -

Siapa yang belum pernah makan cimol? Cimol atau aci digemol merupakan jajanan atau street food yang bisa Bunda temukan di area Jawa Barat dan sekitarnya. Di Jakarta, cimol biasanya dijual di depan sekolah.

Cimol berasal dari aci atau tepung tapioka. Membuat cimol terlihat simpel, namun siapa sangka jika metode menggorengnya salah bisa meledak bak petasan.

Ya, belum lama ini beredar sebuah video viral di media sosial. Dalam video, cimol yang digoreng bisa meledak bahkan 'lompat' dari penggorengan. Kalau seperti ini, level bahayanya melebihi saat menggoreng ikan bandeng ya?


Supaya tidak meledak, yuk ikuti tiga tips berikut:

1. Gunakan tepung terigu supaya padat dan empuk

Untuk membuat cimol empuk, Bunda bisa menambahkan 1 sdm tepung terigu ke dalam tepung tapioka. Mengutip dari video Uli's Kitchen di YouTube, untuk rasionya, Bunda bisa gunakan 1 sendok makan tepung terigu ke 250 gram tepung tapioka. Tepung terigu membuat adonan cimol lebih padat dan empuk.

2. Tuang air panas untuk mencampur adonan

Setelah semua bahan dicampur, untuk membuat adonan, Bunda tuang air panas perlahan. Jadi pastikan Bunda sudah menyiapkan air mendidih sebelum membuat adonan cimol ya. Untuk membulat-bulatkan adonan, tunggu hingga adonan tidak terlalu panas.

3. Masukkan cimol di minyak yang belum panas

Menggoreng cimol tidak seperti gorengan lainnya yang mengharuskan minyak panas lebih dahulu. Justru kalau minyak panas, cimol bisa meledak seperti petasan. Nah, untuk membuat cimol anti meledak, kita harus memasukkannya sebelum minyak panas.

Usahakan adonan cimol terendam penuh di dalam minyak. Tanda cimol matang bisa kita lihat dari mengambang atau tidaknya cimol tersebut. Bila sudah mengambang di atas minyak, kecilkan api sedikit, tunggu sebentar lalu angkat.

Selamat mencoba ya, Bunda.

Simak juga resep cilok bakar wagyu:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi