sign up SIGN UP search


moms-life

5 Bahan Alami Ampuh Memerahkan Bibir, Buah Delima hingga Minyak Samin

Yuni Ayu Amida Senin, 29 Jun 2020 08:35 WIB
ilustrasi bibir kering caption
Jakarta -

Memiliki bibir merah alami tentu jadi dambaan setiap wanita ya, Bunda. Nah, untuk mendapatkan warna merah alami di bibir, ternyata bisa menggunakan beberapa bahan makanan lho.

Dijelaskan seorang dermatologis, dr.Kiran Lohia Sethi, gaya hidup yang buruk bisa berkontribusi pada pigmentasi bibir atau bibir berubah menjadi gelap. Orang yang memiliki kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau bisa memiliki bibir berwarna gelap.

Untuk mempertahankan pigmentasi asli bibir, Kiran mengatakan bahwa kita bisa mengaplikasikan sun block pada bibir. Memang terdengar aneh, tetapi ternyata paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan bibir menjadi lebih gelap lho.


"Paparan sinar matahari menyebabkan bibir gelap bersama dengan wajah Anda dan bagian tubuh lain yang tidak tertutup pakaian," ujar Kiran, dilansir Doctor NDTV.

Lebih lanjut, jika ingin tampilan bibir kembali merah merona, Bunda bisa lho mencoba 5 bahan alami yang diyakini ampuh memerahkan bibir, seperti dilansir Beautynesia.

1. Buah delima dicampur susu

Buah delima mengandung senyawa punicalagin. Senyawa ini mampu mencegah produksi melanin kulit bibir yang sering terpapar sinar matahari.

Cara pengaplikasiannya, campur segenggam biji buah delima dengan susu, oles pada permukaan bibir, biarkan mengering kurang lebih 15 menit. Setelah itu basuh menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal, lakukan ini setiap hari.

2. Buah bit dan madu

Buah bit berwarna merah pekat. Bahkan, warna merah pekat pada buah ini bisa menempel seharian di baju, gigi, dan lidah lho. Maka dari itu, buah bit diyakini bisa membuat bibir merah alami jika digunakan sebagai masker bibir secara rutin.

Caranya pun sangat sederhana, Bunda. Campur 1 sendok jus buah bit dengan 1 sendok madu. Oles merata di bibir pada malam hari, lalu bilas keesokan harinya.

alasan untuk rutin minum jus buah bitbuah bit/ Foto: Getty Images

3. Buah rasberry, madu, dan lidah buaya

Rasberry mengandung mineral dan vitamin yang bisa mengubah bibir gelap jadi merah alami. Madu sendiri berfungsi sebagai pelembap bibir alami. Sementara itu, lidah buaya ampuh menenangkan kulit bibir.

Nah, jika Bunda ada masalah bibir gelap, kering, dan pecah-pecah, campuran ketiga bahan ini bisa mengatasi masalah ini. Caranya, blender tiga bahan tersebut dengan takaran sama, kemudian oles pada bibir, biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini rutin ya.

4. Daun mint, madu, dan perasan lemon

Ekstrak daun mint bermanfaat untuk memutihkan kulit, terutama kulit bibir pecandu rokok yang cenderung menghitam. Sementara madu dan lemon sangat baik untuk bibir.

Caranya, tumbuk 5 hingga 6 lembar daun mint, campur dengan perasan lemon dan madu. Campuran ini nantinya bisa dioleskan pada bibir. Lakukan ini tiga hari sekali ya, Bunda.

5. Minyak samin atau ghee

Minyak samin adalah mentega lemak hewani yang dimurnikan. Minyak samin sendiri berasal dari Timur Laut anak Benua India. Biasanya minyak samin digunakan untuk campuran masakan India.

Nah, Bunda bisa memanfaatkan minyak samin hangat untuk dioleskan pada bibir sebelum tidur malam. Lakukan ini rutin untuk mendapatkan sensasi bibir lembut, lembap, kenyal, dan cerah.

Selamat mencoba ya, Bunda. Semoga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Simak juga cara atasi bibir kering dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi