sign up SIGN UP search


moms-life

Hindari 5 Kebiasaan Pagi Hari yang Bikin Bunda Tampak Lebih Tua

Yuni Ayu Amida Rabu, 24 Jun 2020 05:20 WIB
Woman wakes from sleep and she was cleansing the morning before shower caption
Jakarta -

Beberapa kebiasaan kecil yang kita lakukan ternyata bisa merusak kulit dan menjadikannya tampak lebih tua lho, Bunda. Kira-kira kebiasaan kecil seperti apa yang dimaksud?

Dikatakan ahli kulit, Jeanine Downie, M.D., yang juga direktur Image Dermatology di Montclair, N.J. salah satu kebiasaan kecil yang bisa menjadikan kulit wajah lebih tua adalah mengucek mata.

"Menarik, mengucek, dan menggosok kulit halus di sekitar mata dapat menyebabkan kegelapan," Downie, dilansir Everyday Health.


Karena pigmen kulit berubah seiring bertambahnya usia, kebiasaan ini bisa merusak pigmen kulit di mata secara perlahan. Solusinya adalah berhenti mengucek mata, jika mengalami gatal parah, temui ahli alergi untuk mendiagnosis dan mengobati gejalanya.

Selain itu, kata Downie saat merias wajah atau memakai lensa kontak, bersikaplah lembut dengan kulit di sekitar mata. Ini akan membantu mencegah masalah pigmen dan penuaan dini.

Nah, lebih lanjut berikut ini 5 kebiasaan di pagi hari yang bisa membuat kulit terlihat lebih tua, dilansir Beautynesia.

1. Terlalu berlebihan membersihkan wajah

Membersihkan wajah secara berlebihan bisa membuat wajah terlihat lebih tua lho, Bunda. Setelah bangun tidur semalaman, kulit perlu dibangunkan. Di saat seperti ini sebaiknya jangan gunakan obat pembersih wajah karena bisa menimbulkan kerutan, pori-pori, dan membuat wajah tampak lebih kusam. Bunda bisa gunakan air hangat untuk mencuci wajah di pagi hari, kemudian gunakan skin care yang sesuai dengan jenis kulit. Dan tidak lupa cuci wajah di malam hari agar kulit bersih.

2. Melewatkan serum

Menggunakan serum di pagi hari sebaiknya jangan dilewatkan. Serum bisa mencegah kulit terkena radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya penuaan dini. Untuk pemilihan serum, gunakan yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, E, asam ferulat, teh hijau, dan Lycopene. Bunda bisa gunakan serum sebelum mengaplikasikan pelembap di pagi hari.

3. Mengonsumsi kafein

Bukan rahasia umum lagi bahwa minuman berkafein memang jadi minuman favorit banyak orang. Hanya saja, jika terlalu sering dan terlalu banyak maka tidak baik untuk kesehatan kulit wajah, Bunda. Kafein berlebihan membuat kulit menjadi lebih kering dan membuat pori-pori menjadi terbuka, lho.

Kalau Bunda penggemar kopi, sebaiknya imbangi dengan konsumsi air putih yang banyak. Ini akan membantu supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Manfaat minum kopi untuk wanitaminum kopi/ Foto: iStock

4. Jarang berolahraga

Olahraga sangat baik untuk tubuh lho. Memulai pagi dengan olahraga bisa meningkatkan mikrosirkulasi di wajah yang membantu meningkatkan kelembapan kulit. Bahkan penelitian menyebut bahwa umumnya orang-orang yang melakukan olahraga akan tampak lebih muda. Jika Bunda kurang berolahraga, kulit akan terlihat lebih pucat dan kusam.

Berolahraga juga bisa membantu mencegah penuaan sel di kulit lho. Disarankan untuk berolahraga selama 20 menit per hari agar tubuh sehat dan bugar.

5. Terlalu banyak menggunakan foundation

Alas bedak atau foundation adalah bagian penting saat make up. Foundation digunakan untuk menutupi kerutan dan bintik kecokelatan pada wajah. Tapi terlalu banyak menggunakan foundation justru membuat kulit tampak kering dan kusam, Bunda.

Sebaiknya pilih makeup yang mengandung hydrator seperti asam hyaluronic untuk mencegah penuaan. Jangan lupa pula gunakan spons untuk meratakannya. Spons akan membuat hasil makeup kamu terlihat lebih ringan dan flawless.

Simak juga manfaat air mawar untuk kecantikan dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi