sign up SIGN UP search


moms-life

Stres dan Tertekan Selama di Rumah Bunda? Coba Teknik Relaksasi 1 Menit Ini

Mutiara Ananda Senin, 10 Aug 2020 17:38 WIB
Ilustrasi wanita duduk di sofa caption
Jakarta -

Selama masa pandemi COVID-19 saat ini, Bunda bukan tidak mungkin merasakan stres karena berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan. Selain bosan, kabar bertambahnya pasien corona juga mungkin membuat Bunda semakin merasa tertekan.

Seorang psikolog dan penulis, dr.Richard Citrin menjelaskan bahwa Bunda perlu mengenali jenis stres terlebih dahulu sebelum mengatasinya.

"Kita butuh jarak fisik, bukan jarak sosial. Kita perlu bersosialisasi dan membuat koneksi. Anda perlu melihat orang yang anda sayangi," terangnya dilansir laman Forbes.


Dikutip dari Unicef, berikut 3 hal yang bisa Bunda lakukan untuk atasi stres dan tertekan saat di rumah.

1. Curhat

Bunda mungkin merasa stres karena sendirian selama di rumah. Namun, jutaan orang memiliki ketakutan yang sama. Bunda harus ceritakan perasaan yang dirasakan kepada seseorang, dan dengarkan mereka juga. Hindari berita di sosial media yang membuat Bunda semakin panik, ya.

2. Istirahat

Ketika si kecil sudah tidur, Bunda perlu melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti bersantai. Buatlah daftar kegiatan sehat yang suka Bunda lakukan.

3. Dengarkan anak

Si kecil mungkin juga merasakan hal yang sama dengan Bunda. Dengarkan dan dukung mereka ya, Bunda. Biarkan mereka bercerita agar merasa nyaman.

Shot of a mother and her baby boy at homeIlustrasi ibu stres. (Foto: iStock)

Nah, Bunda juga bisa mempraktikkan aktivitas relaksasi selama satu menit berikut ketika Bunda merasa stres atau khawatir:

1. Set up

Cari posisi yang paling nyaman untuk Bunda. Pastikan telapak kaki menempel ke lantai dan tangan beristirahat di pangkuan. Tutup mata Bunda ketika mulai merasa nyaman.

2. Think, feeel, body

Tanyakan pada diri Bunda,"Apa yang sedang saya pikirkan saat ini?" Kenali pemikiran Bunda dan perhatikan apakan negatif atau positif.

Perhatikan juga perasaan Bunda secara emosional. Bahagia atau tidak. Kemudian perhatikan juga apa yang dirasakan oleh tubuh Bunda. Apakah ada yang terasa sakit atau tegang

3. Fokus pada napas

Dengarkan napas Bunda saat menghirup udara dan melepaskannya. Bunda bisa menaruh tangan di atas perut dan merasakannya naik turun ketika bernapas.

Bunda juga bisa mengatakan kepada diri sendiri,"Semua baik-baik saja. Apapun itu, saya baik-baik saja."

4. Coming back

Perhatikan apa yang dirasakan oleh seluruh tubuh Bunda. Setelah itu dengar suara di sekitar Bunda.

5. Refleksi

Berpikirlah,"Apakah saya merasa beda?". Jika Bunda sudah siap, buka mata Bunda.

Teknik rehat sejenak atau pause ini juga bisa membantu ketika anak-anak membuat ulah atau melakukan kesalahan. Teknik tersebut memungkinkan Bunda untuk lebih tenang.

 membantu ya, Bunda.

Simak juga video tips atasi stres menikah muda ala Mona Ratuliu:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!