sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda LDR dengan Suami, Ini 5 Cara Agar Komunikasi Tetap Terjaga

Siti Hafadzoh Kamis, 30 Jul 2020 13:59 WIB
Young woman working at home Bunda LDR dengan Suami, Ini 5 Cara Agar Komunikasi Tetap Terjaga/ Foto: iStock
Jakarta -

Hubungan jarak jauh alias LDR mungkin sangat berat untuk dijalani. Terutama untuk pasangan yang sudah menikah.

Banyak tantangan yang dihadapi oleh pasangan LDR. Mulai dari saling curiga, hingga salah paham.

Nah, kunci dari menjalani pernikahan LDR adalah menjaga komunikasi, Bunda. Bagaimana ya sebaiknya berkomunikasi ketika menjalani hubungan jarak jauh?


Berikut ini 5 cara menjaga komunikasi suami istri ketika menjalani hubungan jarak jauh:

1. Berkomunikasi secara reguler

Mengutip Elite Daily, komunikasi yang sehat adalah tentang usaha. Bunda dan Ayah harus memahami bahwa ketika menjalani hubungan jarak jauh, komunikasi yang teratur sangat penting bagi hubungan.

Meski menjalani kehidupan yang sibuk, Bunda dan Ayah harus tetap berkomunikasi ya. Usahakan untuk menciptakan waktu mengobrol.

"Satu tujuan yang sangat mendasar untuk pasangan jarak jauh adalah menyisihkan waktu selama setiap hari," kata Dr Gary Brown, terapis pasangan di Los Angeles.

Young woman working at homeIlustrasi LDR/ Foto: iStock

2. Mengerti kebutuhan komunikasi pasangan

Kunci dari komunikasi yang sehat adalah memahami arti komunikasi masing-masing. Temukan titik tengah dari kebutuhan komunikasi Bunda dan pasangan ya.

Penting juga untuk melakukan usaha ekstra untuk memahami dan mendengarkan pasangan. Tidak hanya mendengar secara pasif, Bunda juga harus mengerti apa yang ia katakan.

"Pasangan Anda mungkin akan merasa dihargai dan diperhatikan jika Anda memberi mereka perasaan bahwa Anda mendengarkan mereka secara aktif dan merefleksikan kembali apa yang Anda dengar," kata Brown.

3. Jadikan panggilan video sebagai komunikasi reguler

Berbicara lewat telepon dan mengirim SMS adalah cara yang baik untuk berkomunikasi. Tapi, Diana Dorell, pelatih kencan intuisi mengatakan, kalau benar-benar ingin merasa terhubung, panggilan video alias video call sangat penting, Bunda.

Brown juga berpendapat sama, dengan panggilan video, Bunda bisa melihat bahasa tubuh pasangan. Nah, pengalaman ini akan terasa lebih intim dibandingkan hanya lewat telepon biasa.

4. Pesan suara

Mungkin Bunda dan pasangan sama-sama menjalani hari yang sibuk. Jadi, ada kalanya Bunda tidak bisa menelepon atau berkomunikasi lewat video call.

Nah, cara mengakalinya adalah dengan mengirimkan pesan suara. Ini berguna untuk memberitahu pasangan tentang keadaan Bunda saat ini.

5. Hindari komunikasi yang berlebihan

Bunda memang harus menjaga komunikasi dengan pasangan. Tapi, tidak boleh juga berlebihan ya.

Dilansir Lifehack, banyak pasangan menganggap bahwa ketika LDR, komunikasi sangat sering dapat membantu. Ternyata, ini justru tidak benar lho dan malah akan memperburuk keadaan.

Lihat juga rahasia Donna Agnesia jalani rumah tangga dengan Darius yang 6 tahun lebih muda berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi