sign up SIGN UP search


moms-life

5 Perbuatan Durhaka Suami Terhadap Istri, Jangan Sampai Bunda Mengalaminya

Kinan Kamis, 12 Mar 2020 17:31 WIB
Ada beberapa kategori perilaku suami pada istri yang tergolong dosa dan bahkan durhaka. Apa saja, ya? caption
Jakarta - Dalam membina hubungan rumah tangga, suami dan istri sama-sama memiliki hak serta kewajiban yang patut dipatuhi. Menurut agama Islam, aturan ini penting supaya kesejahteraan keluarga bisa tercapai.


Dikutip dari buku Fiqh Keluarga Terlengkap yang ditulis oleh Rizem Aizid, ada beberapa kategori perilaku suami pada istri yang tergolong dosa dan bahkan durhaka. Di antaranya yaitu:

1. Menjadikan istri pemimpin rumah tangga

Dalam Islam, kehidupan di mana istri jadi pemimpin rumah tangga sangat dilarang. Terutama jika alasannya karena suami tidak mau bertanggung jawab menafkahi atau mengambil keputusan. Perbuatan ini termasuk dosa besar, Bun.

2. Menelantarkan istri dari segi nafkah

Suami telah melakukan ijab kabul dalam akad pernikahan, maka sepatutnya suami telah setuju untuk menafkahi istri. Perbuatan menelantarkan nafkah istri dengan sengaja pun termasuk durhaka.

Ilustrasi istri muslimahIlustrasi istri muslimah/ Foto: Potret muslimah Suku Yuruci (Foto: Irfan Padli/Trans7)

Abdullah bin Amr mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Seseorang cukup dipandang berdosa bila ia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya," (HR Abu Dawud, Muslim, Ahmad dan Thabrani).

3. Tidak melunasi mahar

Mahar adalah hak istri yang diperoleh dari suami, atau kewajiban suami yang harus dibayar pada istri. Maka apabila suami mengulur pembayaran mahar dengan sengaja dan bukan karena tidak mampu, suami termasuk berdosa.

Sabda Rasulullah SAW, "Siapa saja laki-laki yang menikahi perempuan dengan mahar sedikit atau banyak, tetapi dalam hatinya bermaksud tidak akan menunaikan apa yang menjadi hak perempuan itu, berarti ia telah mengabaikannya. Bila ia mati sebelum menunaikan hak perempuan itu, kelak pada hari kiamat ia akan bertemu Allah sebagai orang yang fasik." (HR Thabrani).

4. Mengabaikan kebutuhan seksual istri

Istri memiliki hak untuk mendapatkan nafkah batin dari suami, begitu pula sebaliknya. Jadi jika suami sengaja mengabaikan hak istri ini, ia termasuk telah berdosa.

5. Menyenggamai istri saat haid

Perbuatan ini termasuk dosa jika dilakukan oleh suami, Bun. Terutama jika suami tetap memaksa melakukan hubungan intim, padahal ia tahu sang istri sedang haid.


Allah SWT berfirman, "Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, 'Haid itu adalah suatu kotoran.' Oleh sebab itu, hendaklah kami menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; janganlah kamu mendekati sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri." (QS Al-Baqarah).

Sudah disimak Bun beberapa perkara di atas? Berikutnya simak yuk rahasia presenter Ivy Batuta dan Edu bisa bertahan hingga lebih dari sepuluh tahun di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]


(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi