sign up SIGN UP search


moms-life

3 Cara Menata Rumah Modern Bergaya Jepang yang Nyaman

Mutiara Ananda Kamis, 30 Jul 2020 05:00 WIB
Rumah minimalis Jepang caption
Jakarta -

Tak hanya Korea, Indonesia juga sangat menggemari style atau gaya Jepang untuk inspirasi lho, Bunda. Mulai dari makanan, budaya, hingga cara menata rumah. Jepang menata rumah mereka dengan bahan yang ringan dan alami.

"Transparansi menjadi karakteristik arsitektur Jepang. Saya mencoba menggunakan bahan ringan dan alami untuk mendapatkan jenis transparansi tersebut," kata arsitek Kengo Kuma dikutip dari Rethink Tokyo.

Dilansir dari The Manual, berikut 3 cara menata rumah modern bergaya Jepang yang nyaman.


1. Prinsip

Dengan sejarah Jepang yang kaya, membahas penataan rumah Negeri Sakura itu rasanya tak ada habisnya. Meskipun gaya rumah berubah mengikuti perkembangan zaman, prinsip utamanya tidak berubah.

Rumah menjembatani hubungan yang lebih dalam dan berarti dengan lingkungan serta alam. Hal inilah yang selalu mempengaruhi gaya rumah Jepang di masa modern.

Menghargai alam tidak sekadar simbol. Desain rumah Jepang juga fokus pada menghargai material yang digunakan, di mana bahan natural selalu digunakan jika memungkinkan.

2. Arsitektur

Menata rumah Jepang dengan sentuhan modern berarti menjadikan rumah lebih besar dan terbuka. Ruang tamu sering dibuat di lantai terendah agar ruangannya lebih besar dan terbuka. Sementara kamar tidur dibuat di lantai atas agar lebih privat.

Banyak rumah bergaya Jepang yang menampilkan sisi minimalis modern. Selain itu, bentuk geometris disusun secara tidak rata untuk menarik perhatian. Atap biasanya dicat dengan warna hitam untuk membuat kontras yang solid pada dinding berwarna putih.

Rumah Minimalis di JepangIlustrasi/ Foto: Istimewa

3. Perabot, warna, pola

Bunda, perabot yang digunakan dalam rumah ala Jepang masih memfokuskan pada alam lho. Biasanya, kayu dicat hitam agar lebih kontras dengan dinding yang berwarna putih.

Material kayu biasanya akan digunakan di sisi mana pun yang memungkinkan. Sementara lantai batu akan lebih terlihat alami ketika dipasang pada area basah seperti dapur dan kamar mandi.

Warna rumah Jepang modern juga masih mengadopsi konsep alam. Cokelat, abu-abu, dan putih adalah pilihan terbaik untuk mewakili bumi, pohon, dan pegunungan.

Sementara pola geometris dan simetrinya diperlihatkan dengan langit-langit tinggi dan jendela, dengan tambahan furnitur rendah. Bantal lantai juga sangat penting lho, Bunda. Bentuk geometris dan simetri ini dianggap memberi ketenangan pada pikiran, serta semangat ke seluruh penghuni rumah.

Simak juga video tips menata kamar sempit:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi