sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk

Siti Hafadzoh Jumat, 31 Jul 2020 09:19 WIB
close-up of delicious marinated meat. caption
Jakarta -

Hari Raya Idul Adha identik dengan sajian daging kambing. Biasanya, kita mendapatkan daging kambing nih di hari Idul Adha. Bagaimana ya cara mengolahnya?

Namun, daging kambing kalau tidak diolah dengan tepat teksturnya akan alot. Padahal, sajian daging kambing yang enak kalau empuk dan juicy lho.

Nah, dilansir NDTV, berikut ini 4 cara mengolah daging kambing supaya empuk:


1. Teknik memotong yang tepat

Tahukah Bunda? Cara memotong daging kambing juga bisa menentukan lho apakah empuk atau tidak nantinya.

Supaya daging empuk dan lembut, potong sesuai dengan arah serat kotor. Kalau tidak, daging akan alot, Bunda.

Metode ini membantu memecah protein keras. Ini membantu daging supaya menyerap bumbu lebih mudah.

"Menggunakan palu dapur untuk memecah serat otot atau menggunakan pisau daging yang membantu memasaknya lebih cepat dan lebih lembut," kata Celebrity Chef Sadaf Hussain.

2. Marinasi

Chef Sadaf menyarankan untuk memarinasi daging dengan pure pepaya. Marinasi ini bertujuan agar daging kambing lebih lunak.

Selain pure pepaya, Bunda bisa memarinasi dengan butter mill. Buah-buahan seperti lemon atau kiwi dan ditambah dengan garam serta lada juga bisa membantu memecah serat daging yang padat.

Beberapa orang juga menggunakan pala untuk marinasi daging kambing. Tapi, marinasi dengan pala akan mengubah rasa daging.

Zat asam yang ada dalam bumbu membantu memecah kolagen antara otot yang menyatukan daging. Setelah serat-serat ini pecat, daging akan lebih empuk dan siap dimasak.

Marinasi juga berfungsi menambah kelembapan daging kambing. Sehingga, daging kambing lebih juicy ketika matang.

Irish stew, made with lamb, stout, potatoes, carrots and herbs.Ilustrasi daging kambing/ Foto: iStock

3. Menggunakan metode masak yang benar

Salah satu cara mengolah daging kambing supaya empuk adalah dengan memasaknya perlahan. Chef Amit Bhatia, merebus atau memasak daging kambing lebih lama dapat membuatnya menjadi empuk.

"Dalam masakan India, pepaya mentah berperan penting dalam membuat daging kambing empuk. Kedua, memasak dengan lama dan merebus adalah faktor utama membuatnya lembut," kata Chef Amit Bhatia.

Bunda bisa memasak daging kambing selama lebih dari 3 jam dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. Nah, metode ini diikuti dalam gaya memasak orang Eropa lho.

Serat yang keras, kolagen, dan jaringan ikat daging kambing menjadi rusak karena metode memasak ini. Sehingga, daging kambing lebih lunak.

4. Beri garam

Bagaimana kalau Bunda tidak mau membumbui daging? Garam bisa menjadi solusinya nih, Bunda.

Taburkan garam di permukaan daging kambing. Diamkan selama satu atau dua jam, kemudian baru deh daging kambing menjadi empuk.

Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memecah serat otot daging kambing. Sebelum dimasak, cuci dulu ya untuk menghilangkan garam yang berlebih.

Jadi, tidak perlu takut lagi untuk mengolah daging kambing ya, Bunda. Dengan tips ini, Bunda bisa menyajikan daging kambing yang enak dan empuk.

Lihat juga resep daging kambing bumbu seblak di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi