sign up SIGN UP search


moms-life

Kata Pakar soal Bahaya Makan Pisang Saat Sarapan, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Jumat, 31 Jul 2020 17:13 WIB
Ilustrasi makan pisang caption
Jakarta -

Bagi sebagian orang, pisang jadi menu sarapan yang praktis dan mengenyangkan. Konsumsi pisang di pagi hari dipercaya bisa menambah energi yang diperlukan untuk beraktivitas.

Pisang adalah salah satu buah yang bisa dijumpai di hampir seluruh dunia. Mengutip Healthline, kandungan buah ini kaya serat, potasium, vitamin B, C, dan bermacam jenis antioksidan dan fitonutrien.

"Pisang merupakan sumber karbohidrat. Terdapat pati dalam pisang yang masih mentah, sementara ada kandungan gula dalam pisang yang sudah matang," kata pakar nutrisi Atli Arnarson, B.Sc, Ph.D.


Kandungan-kandungan pisang tersebut diyakini bisa menambah energi yang hilang di pagi hari, Bunda. Lalu, amankah pisang dikonsumsi sebagai menu sarapan?

Nah, menurut pakar nutrisi Dr. Daryl Gioffre, pisang sebenarnya enggak bagus dikonsumsi saat pagi hari. Sebab, kandungan gula dan asam di dalam buah ini enggak baik untuk kesehatan.

"Pisang merupakan pilihan yang sempurna untuk dikonsumsi saat pagi hari, tetapi kita harus lihat lagi lebih dekat kandungannya," kata Gioffre, dilansir Byrdie.

"Anda akan menemukan bahwa pisang yang dimakan bukan pilihan terbaik karena mengandung 25 persen gula dan cukup asam," sambungnya.

Ilustrasi makan pisangIlustrasi kreasi pisang/ Foto: iStock

Sebenarnya boleh mengonsumsi pisang saat sarapan. Tapi, di saat bersamaan, kita harus mengimbanginya dengan makanan penyeimbang lain.

"Tanpa menyeimbangkan sarapan pisang dengan lemak sehat, manfaat buah ini bisa hilang, sementara terjadi lonjakan gula darah dan asam," ujar Gioffre.

Ia menjelaskan, karena pisang bersifat asam, maka kandungannya tidak cukup mengisi energi tubuh sampai makan siang. Bunda harus menetralkan asam untuk mendapatkan manfaat kalium, serat, dan magnesium, tanpa lonjakan gula yang cepat dari pisang.

Pisang akan memberikan energi dengan cepat usai dimakan. Tetapi kita juga akan cepat lelah dan merasa lapar.

"Ketika gula dikonsumsi dalam bentuk apapun, dia akan mengalami proses fermentasi dan berubah menjadi asam dan alkohol dalam tubuh. Ini akan menyumbat sistem pencernaan," kata Gioffre.

Jadi, kalau Bunda ingin mengonsumsi pisang untuk sarapan, maka harus ada bahan pelengkap lain. Gioffre menyarankan untuk menambahkan mentega, kacang almond, minyak kelapa, kayu manis, atau kunyit sebagai pelengkap.

Simak juga ragam jenis pisang dan manfaatnya untuk tubuh, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi