sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias Murah Lidah Mertua Banyak Manfaatnya, Bisa Kurangi Stres

Asri Ediyati Minggu, 02 Aug 2020 06:00 WIB
Home and garden concept of sansevieria trifasciata or Snake plant in the bedroom caption
Jakarta -

Seperti yang Bunda tahu, tanaman hias bukan hanya benda dekorasi. Tanaman adalah makhluk hidup yang membutuhkan perhatian dan memberikan banyak manfaat.

NASA pernah melakukan penelitian udara bersih yang membuktikan bahwa beberapa tanaman memiliki kekuatan pembersih udara yang kuat. Salah satunya adalah tanaman hias lidah mertua.

Mengutip dari Essencia Air, tanaman lidah mertua berasal dari daerah tropis barat Afrika yang membentang dari bagian timur Nigeria, sampai ke Kongo. Nama ilmiahnya adalah Sansevieria trifasciata, tetapi memiliki banyak julukan. Selain lidah mertua, tanaman hias ini dikenal sebagai tanaman ular karena bentuk dan ketajaman daunnya.


Di Brasil, mereka disebut Espada de São Jorge karena ia dikaitkan dengan pedang Saint George, dan di Jepang, mereka dijuluki ekor macan.

Tanaman hias lidah mertua ternyata punya banyak manfaat, lho. Apa saja manfaat tanaman hias lidah mertua? Simak paparan berikut:

1. Pembersih udara alami

Tanaman lidah mertua menyaring racun dari udara seperti toluena, formaldehida, karbon monoksida, trikloretilen, dan xilena. Ini adalah alternatif yang sempurna dan terjangkau untuk pembersih udara mahal. Tanaman hias ini memurnikan udara di rumah-rumah dan kantor-kantor.

Dilansir Fern N Petals, tanaman ini membantu mempromosikan mengurangi stres, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kesejahteraan penghuni rumah secara keseluruhan.

2. Meningkatkan oksigen di malam hari

Sebagian besar tanaman mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida di malam hari. Tetapi tanaman Ular mengubah sejumlah besar karbon dioksida menjadi oksigen pada malam hari yang menjadikannya tanaman yang ideal untuk di kamar tidur. Menurut penelitian, seseorang dapat dengan mudah bertahan hidup di ruangan bersegel udara yang memiliki 6 - 8 tanaman lidah mertua.

lidah mertua tanaman penangkal polusilidah mertua/ Foto: Adelia Putri/detikHealth

3. Sangat efektif melawan alergi

Tanaman hias lidah mertua melepaskan kelembaban di udara dan mengurangi alergi di udara seperti bersin, batuk, mata gatal, dan mata berair. Tanaman hias ini adalah obat alami untuk tetap sehat bagi orang-orang yang rentan terhadap alergi.

Sick building syndrome (SBS) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi orang-orang yang tinggal di sebuah bangunan dengan kualitas udara dalam ruangan yang buruk. Beberapa gejala umum termasuk pusing, mual, kelelahan, hidung, iritasi telinga dan tenggorokan, sakit otot dan bahkan kurangnya konsentrasi. Menyimpan lidah mertua di kamar tidur dan kantor adalah 'obat' yang bagus untuk SBS dengan menyerap racun dari udara dan melepaskan oksigen murni.

4. Menyerap radiasi

Tanaman hias lidah mertua membantu menyerap radiasi berbahaya yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti televisi, AC, microwave, laptop, router Wi-Fi, dan lainnya. Radiasi ini memiliki efek berbahaya jangka panjang pada tubuh manusia.

Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan lidah mertua di ruang tamu atau area lain di rumah yang memiliki perangkat elektronik untuk menjaga lingkungan yang sehat dan melindungi.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Tanaman hias lidah mertua mendetoksifikasi udara dalam ruangan dan memasok oksigen yang kaya di malam hari yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Ini mengurangi beberapa masalah yang timbul karena kualitas udara yang buruk di rumah seperti sakit kepala, iritasi mata dan masalah pernapasan.

Ketika ditempatkan di kamar tidur, tanaman lidah mertua bisa mendorong tidur nyenyak di malam hari dan membuat orang merasa santai di pagi hari, yang selanjutnya meningkatkan produktivitas.

Simak juga video tanaman hias termahal di dunia:


[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi