sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Membuat Taman Rumah Minimalis, Bisa Buat Santai Selepas Kerja

Salam Rahmad Sabtu, 08 Aug 2020 05:00 WIB
Ilustrasi taman minimalis caption
Jakarta -

Saat penat beraktivitas selama seharian penuh, melihat hamparan dedaunan berwarna hijau seraya menikmati hembusan angin di taman rumah minimalis tentu menyenangkan ya, Bunda.

"Taman harusnya menjadi ruang yang nyaman dan bisa digunakan untuk mencerminkan kebutuhan dan selera Anda," ujar Adam Frost, presenter Gardeners' World BBC TV yang juga pendiri konsultan desain taman internasional.

Tak perlu susah cari lahan yang luas, taman impian di rumah minimalis sendiri bisa Bunda buat. Untuk dekorasinya Bunda dapat memanfaatkan barang bekas maupun membelinya dengan harga yang terjangkau.


Namun, perlu diingat ya, Bunda, desain eksterior untuk taman rumah minimalis itu sederhana. Dikutip dari Fresh Ouz, ini 5 tips membuat taman rumah minimalis.

1. Memanfaatkan dinding kosong di sisi depan rumah

Jika Bunda tinggal di rumah minimalis yang areanya terbatas, inspirasi untuk membangun taman berukuran kecil dengan memanfaatkan dinding adalah solusinya. Bunda cukup menambah ornamen kayu ataupun besi yang ditempelkan di tembok. Lalu letakkan tanaman hias dalam pot dan pajang di dinding tersebut.

2. Tanaman hias gantung

Kalau rumah Bunda memiliki lahan yang terbatas, menggantung pot di area depan rumah minimalis adalah pilihan tepat yang memberikan kesan terciptanya kesederhanaan.

Caranya pun mudah, Bunda cukup sediakan pot kecil berisi tanaman hias lalu gantung dengan rantai besi untuk menopang pot tersebut. Simpel banget, kan?

3. Taman di depan rumah sebagai tempat bersantai

Lelahnya aktivitas selama seharian tentu akan membuat pikiran menjadi suntuk dan jenuh. Cara terbaik melepas penat adalah dengan memandang tanaman hijau untuk kembali menyegarkan pikiran.

Selain itu, Bunda dan keluarga dapat menenangkan dan menjernihkan pikiran di tengah taman depan rumah ini. Maka sediakan tempat untuk Bunda bersantai di sudut taman.

Cozy garden patio with table and chairs.Ilustrasi taman rumah minimalis/ Foto: Thinkstock

4. Buat jalan setapak

Untuk menghindari rusaknya rumput taman akibat sering diinjak, Bunda bisa menyiasatinya dengan membuat jalan setapak. Jalan setapak bisa dibuat di bagian tengah maupun tepian taman, yang penting mempermudah Bunda untuk keluar masuk rumah tanpa merusak taman.

Hal ini juga bertujuan untuk menonjolkan sisi keindahan dan kerapian rumah hingga hal yang terkecil. Tentu taman makin cantik dengan jalan setapak yang unik ya, Bunda.

5. Inspirasi taman ala Jepang

Pada taman rumah minimalis, Bunda dapat padukan nuansa asri Indonesia dan Jepang. Keduanya dapat Bunda satukan baik dari jenis tanaman maupun suasananya.

Taman bergaya Jepang memang identik dengan rumput, pepohonan, semak, dan bebatuan. Unsurnya yang simpel membuat gaya taman ini bisa aplikasikan pada halaman rumah minimalis yang sempit.

Simak juga video cara membuat taman vertikal:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!