sign up SIGN UP search


moms-life

Beda Banget! Seperti Ini Resepsi Pernikahan di Korea Selatan

Yuni Ayu Amida Rabu, 19 Aug 2020 16:50 WIB
Pengantin wanita tewas karena alergi kacang caption
Jakarta -

Resepsi pernikahan di setiap negara biasanya berbeda, Bunda. Nah, apakah Bunda penasaran bagaimana bentuk resepsi pernikahan di Korea Selatan?

Baru-baru ini seorang YouTuber asal Korea yang pernah tinggal di Indonesia, mengunggah video acara pernikahan di Korea Selatan.

"Hari ini aku datang ke acara pernikahan temanku namanya Dicky, yang lokasi di Gwangmyeong Station, di dalam stasiun ada wedding home. Aku mau menunjukkan ke kalian acara pernikahan di Korea seperti apa," kata Sanghoya, dilansir YouTube Sanghoya, Selasa (18/8/2020).


Sebelum memasuki ruang utama acara, tamu disambut dengan koleksi foto-foto pengantin serta dekorasi ruangan dengan nuansa berwarna emas. Disediakan pula meja untuk tamu mengisi daftar hadir serta memberi amplop.

Nah, rata-rata orang memberi amplop 50 ribu won atau sekitar Rp622 ribu, Bunda. Tergantung apakah itu teman dekat, atau mungkin memang ingin memberi lebih.

"Hari ini aku mau kasih uang lumayan, aku taro sekitar 2 jutaan dalam amplopnya. Oke gaes aku kasih uang ke suami, karena aku teman Dicky. Aku udah nulis nama di atas amplop, nanti dia akan cek siapa yang kasih uang," ujarnya.

Resepsi di Korea SelatanResepsi di Korea Selatan/ Foto: YouTube

Sementara itu, karena masih pandemi COVID-19, para undangan dianjurkan untuk memakai masker. Serta sebelum masuk ruangan dicek suhu tubuh.

Acara pernikahan tersebut pun berlangsung khidmat. Pengantin wanita tampak cantik dengan gaun berwarna putih, sementara pengantin pria mengenakan jas hitam.

Ada sesi di mana pengantin mengucapkan terima kasih pada orang tua, dan kemudian berlutut atau bersujud di hadapan orang tuanya. Kemudian juga saling memeluk.

Ada pula acara penayangan video yang berisi kumpulan foto-foto masa kecil pengantin yang membuat keluarga khususnya orang tua nampak haru dengan momen tersebut. Kemudian pengantin dihibur oleh penyanyi dengan lagu-lagu merdu, mereka menyanyi tepat di hadapan kedua pengantin.

Pengantin lalu berjalan di altar yang menjadi pusat perhatian, lalu berciuman manis di hadapan para tamu. Acara pernikahan tersebut pun diakhiri dengan foto bersama keluarga besar dan juga teman-teman kedua pengantin.

Setelah acara pernikahan selesai digelar, barulah ditutup dengan acara makan, Bunda. Makanan sudah disiapkan di ruangan terpisah dari ruang resepsi.

Resepsi di Korea SelatanResepsi di Korea Selatan/ Foto: YouTube

Makanan yang disediakan pun beragam, mulai dari seafood, aneka mi Korea, hingga hidangan Korea lainnya. Para undangan juga tidak perlu berdiri saat makan, karena ruangan dipenuhi meja dan kursi layaknya sebuah restoran besar.

"Baru selesai acara pernikahan Dicky, sekarang mau makan. Di sini ada banyak jenis makanannya," ujar Sanghoya.

Nah, kurang lebih seperti itulah acara resepsi pernikahan di Korea Selatan, Bunda. Apakah Bunda tertarik menggelar resepsi seperti ini? he-he-he.

Simak juga intimate interview Dewi Gita dan Armand Maulana dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi