sign up SIGN UP search


moms-life

5 Buah yang Cocok untuk Tanaman Hidroponik

Siti Hafadzoh Senin, 14 Sep 2020 16:48 WIB
Closeup of many ripening strawberries grown without soil at an ergonomic picking height in a modern specialized Dutch greenhouse. caption
Jakarta -

Sistem hidroponik cocok untuk berbagai jenis tanaman, Bunda. Tak hanya sayuran hijau, buah-buahan juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik lho.

Kalau biasanya orang-orang hanya menanam bayam, kangkung, atau selada hidroponik, Bunda sekarang bisa mencoba menanam buah nih. Tapi, menanam buah memerlukan perhatian dan pengetahuan yang lebih ya.

Dilansir Soilles, ini 5 buah yang cocok ditanam hidroponik:


1. Semangka

Semangka merupakan buah yang butuh banyak asupan air. Nah, sistem hidroponik yang cocok untuk tanaman buah yang satu ini adalah DWC.

Perlu diingat, semangka merupakan tanaman merambat. Jadi, perlu diperiksa secara teratur untuk memastikan buahnya tersanggah dengan baik ya, Bunda.

2. Blewah

Mirip dengan semangka, buah blewah sangat cocok ditanam dengan cara hidroponik. Tapi, tanaman melon harus ditopang dengan jaring atau penyangga lainnya.

Dilansir Garden and Green House, blewah bisa tumbuh dengan baik di sistem hidroponik karena membutuhkan banyak air. Buah blewah akan tumbuh subur lho dengan media tanam seperti ini.

3. Stroberi

Stroberi membutuhkan kelembapan yang cukup rendah dan rentan terhadap pembusukan akar. Jadi, Bunda perlu berhati-hati ya.

Sistem hidroponik yang cocok untuk tanaman hidroponik adalah NFT. Dengan sistem ini, Bunda bisa lebih sering panen buah stroberi lho.

4. Blueberry

Bunda perlu bersabar kalau ingin menanam buah blueberry. Tanaman yang satu ini tidak akan berbuah sampai tahun kedua pertumbuhannya.

Namun, tanaman ini tidak perlu ditanam kembali setiap tahunnya. Blueberry sangat cocok ditanam dengan sistem hidroponik NFT untuk memasok nutrisi kepada tanaman.

5. Anggur

Buah anggur membutuhkan perawatan intensif dan sulit untuk tumbuh. Tapi, tanaman yang satu ini hanya membutuhkan sistem hidroponik yang sederhana lho.

Bunda hanya memerlukan bucket system untuk menanam anggur. Selalu perhatikan pembusukan akar dan pastikan tanaman anggur mendapat banyak air ya.

Lihat juga cara mudah membuat tanaman hidroponik di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi