sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Adaptasi di Kantor Baru, Bunda Perlu Tahu

Kinan Jumat, 11 Sep 2020 15:14 WIB
Ilustrasi kerja pakai masker caption
Jakarta -

Bunda yang menjadi wanita karier dan bekerja di tempat baru, berarti harus menyesuaikan diri kembali dan mempelajari banyak hal baru pula. Untuk membantu proses ini, ada beberapa cara adaptasi di kantor baru yang bisa Bunda coba terapkan.

Menurut konsultan karir Peter A. Gudmunson, wajar jika karyawan akan merasa cemas berlebihan di hari-hari pertamanya di kantor baru. Namun dengan trik yang tepat, proses adaptasi bisa berjalan dengan tepat dan cepat.

Dikutip dari US News, berikut 5 tips adaptasi di kantor baru yang bisa Bunda terapkan:


1. Pelajari lebih jauh tentang situasi perusahaan

Di hari-hari pertama bekerja di kantor baru, bekali diri dengan berbagai informasi tentang situasi perusahaan. Bisa dari sesama rekan kerja, website resmi perusahaan, atau bahkan media sosialnya.

"Hal ini akan membantu karyawan lebih cepat mengenal kantornya sendiri. Atasan pun akan mengamati tindakan tersebut sebagai tanda karyawan benar-benar berminat mengembangkan diri," ujar Gudmunson.

2. Hindari datang terlambat dan beri kesan yang baik

Kesan pertama dari atasan maupun rekan kerja sangat penting saat beradaptasi di kantor baru. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar mendapatkan kesan baik yakni datang tepat waktu.

Jangan lupa gunakan pakaian rapi dan bersikap sopan. Dorong diri Bunda untuk keluar dari zona dan bertemu dengan orang-orang baru. Pada momen ini, penting untuk berkenalan dan mengingat nama rekan, ya.

3. Hindari bergosip

Bergosip dengan sesama rekan kerja mungkin terasa menyenangkan, tetapi ini bisa mengganggu waktu adaptasi Bunda di kantor baru. Terlebih jika pekerjaan atau informasi terkait yang harus dipelajari cukup banyak.

"Jangan biarkan keinginan untuk berteman dan beradaptasi justru mendorong keterlibatan dalam bergosip, atau bahkan pada perilaku yang merusak citra diri lainnya," imbuh Gudmunson.

The hand of a young woman working at remote workWanita karier/ Foto: iStock

4. Mintalah umpan balik pada atasan

Saat menjadi karyawan baru, biasanya akan ada jeda waktu pada 30-90 hari pertama untuk pemberian umpan balik. Atasan akan menilai bagaimana kualitas pekerjaan Bunda di waktu awal ini. Jika ada penilaian yang kurang baik, anggap sebagai tantangan dan jangan mudah menyerah.

Ini bisa menjadi momen untuk mempersiapkan diri menjadi lebih baik lagi, seperti dikutip dari The Balance Careers.

5. Hindari mengeluh di media sosial

Penggunaan media sosial saat ini memang dianggap semakin penting, namun jangan sampai keliru memanfaatkannya ya, Bunda. Seburuk apapun periode awal di kantor baru, hindari mengeluh atau menjelek-jelekkan perusahaan di media sosial.

Penting untuk berupaya tetap menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, tanpa mengeluh berlebihan apalagi pada rekan kerja atau publik. Ini justru bisa menurunkan nilai Bunda di mata atasan.

Demikian beberapa tips beradaptasi di kantor baru yang bisa coba Bunda terapkan. Jangan lupa juga untuk membuat ruang kerja senyaman mungkin agar Bunda lebih betah, ya!

Simak juga video cerita Yannie Kim berkarier di Korea:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi