sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Sukses Menanam Tomat Hidroponik

Siti Hafadzoh Rabu, 16 Sep 2020 08:11 WIB
Tomatoes growing in greenhouse 5 Tips Sukses Menanam Tomat Hidroponik/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda bisa menanam berbagai macam sayuran dan buah dengan sistem hidroponik. Salah satu buah yang dapat ditanam secara hidroponik adalah tomat.

Namun, tanaman tomat mungkin tidak cocok untuk Bunda yang masih pemula dalam berkebun hidroponik. Dilansir Gardening Heaven, untuk menanam tomat, diperlukan banyak usaha dan pengalaman nih.

Berbeda dengan sayuran hijau seperti sawi dan selada, menanam buah tomat cukup sulit lho. Meski begitu, Bunda tetap bisa kok menanam tomat di rumah.


Kalau tertantang untuk menanam tomat hidroponik di rumah, Bunda bisa mengikuti tips ini. Berikut 5 tips menanam tomat hidroponik yang dikutip dari Green and Vibrant:

1. Menanam dari bibit

Menanam tomat dari anakan mungkin lebih cepat dan praktis. Bunda bisa membelinya dengan mudah di toko tanaman.

Namun, menanam tomat dari anakan tidak direkomendasikan untuk sistem hidroponik, Bunda. Bibit yang disemai di tanah bisa saja terkontaminasi hama.

Jadi, sebaiknya tanam tomat dari biji ya, Bunda. Semai biji tomat di nampan berisi media tanam.

Biji tomat akan tumbuh selama sekitar 10 sampai 14 hari. Ketika sudah bertunas, Bunda bisa memindahkannya ke sistem hidroponik.

2. Kebutuhan cahaya

Tanaman tomat tumbuh subur di musim panas. Penelitian menunjukkan, jumlah cahaya yang diterima menentukan tingkat fotosintesis pada tanaman.

Nah, fotosintesis inilah yang memengaruhi ukuran dan kualitas buah. Tanaman tomat membutuhkan cahaya sekitar 8 sampai 10 jam per hari.

3. Suhu ideal

Tanaman tomat bisa tumbuh subur di suhu 18 sampai 25 derajat Celsius, Bunda. Saat malam hari, suhu harus sekitar 12 sampai 18 derajat Celsius.

Suhu yang lebih rendah dari 10 derajat Celsius dan lebih tinggi dari 30 derajat Celsius bisa menyebabkan tanaman mati. Jadi, Bunda harus menjaga suhu di sekitar tanaman tomat agar tetap ideal ya.

4. Nutrisi

Tanaman tomat membutuhkan banyak nutrisi lho, Bunda. Tomat memerlukan berbagai nutrisi yang berbeda dengan urutan tepat.

Bunda bisa memberi campuran nutrisi yang dibuat untuk tanaman hidroponik. Tapi, untuk memaksimalkan hasil buah, pilih nutrisi yang khusus untuk tomat.

Tanaman tomat membutuhkan fosfor, nitrogen, dan kalium yang tinggi. Tomat tumbuh subur dengan pH sekitar 5,8 sampai 6,3.

5. Media tanam

Air memang menjadi fokus utama dalam menanam sayuran dan buah hidroponik. Tapi, sistem hidroponik juga membutuhkan media tanam, Bunda.

Tanaman tomat akan berbuah bagus kalau media tanamnya tepat. Pilihan media tanam juga tak terlepas dari sistem yang Bunda gunakan untuk menanam tomat hidroponik.

Lihat juga cara mudah membuat tanaman hidroponik di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi