sign up SIGN UP search


moms-life

Idealnya, Berapa Jumlah Uang yang Harus Bunda Tabung Per Bulan?

Siti Hafadzoh Selasa, 15 Sep 2020 18:26 WIB
ilustrasi menabung caption
Jakarta -

Ketika punya penghasilan per bulan, jangan lupa untuk menabung ya, Bunda. Tapi, berapa banyak uang yang harus Bunda tabung per bulannya?

Banyaknya uang yang harus Bunda tabung setiap bulan tentu tergantung kebutuhan ya. Sesuaikan juga dengan penghasilan Bunda.

Namun, aturan menyimpan uang yang populer adalah 50/30/20. Dilansir Money Under 30, Bunda harus menyisihkan 50 persen untuk kebutuhan penting, seperti sewa rumah dan makanan.


Sedangkan, 30 persennya bisa Bunda gunakan untuk keperluan sekunder lainnya. Nah, barulah 20 persen dari penghasilan disimpan untuk tabungan.

Aturan menabung tersebut tidak selalu harus diterapkan ya, Bunda. Kalau penghasilannya lebih tinggi, Bunda bisa menekan pengeluaran danĀ menyimpan uang dengan persentase yang lebih besar.

Kenapa harus menyimpan uang minimal 20 persen? Ini untuk mencapaiĀ kemandirian finansial ketika tua dan pensiun.

Dana yang dikumpulkan sebanyak 20 persen per bulan itu bisa Bunda gunakan untuk pensiun di hari tua. Selain itu, Bunda boleh kok sesekali menggunakannya untuk berlibur.

Nah, supaya Bunda bisa menyimpan uang lebih dari 20 persen, coba singkirkan hal-hal remeh. Misalnya, hindari terlalu sering memesan makanan lewat ojek online.

"Perlu diperhatiin sih dari spending itu. Ongkir yang sudah diembel-embelin diskon. Tapi, tetap kalau misalnya kita rutin berkali-kali, kalau dijumlah itu lumayan lho ternyata expend-nya dan bisa untuk di keep," kata financial advisor Christina Indah Desheila Putri atau yang akrab disapa Sheila kepada HaiBunda.

Jadi, uang yang tidak jadi dipakai untuk memesan makanan bisa ditabung. Bunda bisa menabung lebih dari 20 persen gaji per bulan deh.

Simak juga tips mengatur keuangan ala Astrid Tiar di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi