sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanda Pendapatan Bunda Tak Cukup Buat Sebulan & Cara Mengatasinya

Siti Hafadzoh Sabtu, 12 Sep 2020 17:31 WIB
ilustrasi menabung caption
Jakarta -

Gaji atau pendapatan bulanan digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari kebutuhan pokok hingga gaya hidup yang perlu dipenuhi.

Namun, tidak semua orang memiliki pendapatan bulanan yang mencukupi nih. Terkadang, justru pengeluarannya lebih besar dari pendapatan.

Bahkan ketika pengeluarannya dikurangi, pendapatan masih tidak bisa mencukupi. Jadi, di tengah bulan sudah tidak banyak uang danĀ banyak tagihan yang belum dibayar.


Mengutip The Balance, ini 5 tanda pendapatan bulanan Bunda tidak mencukupi:

1. Selalu menggunakan kartu kredit

Salah satu tanda Bunda tidak memiliki pendapatan yang cukup adalah menggunakan kartu kredit. Dalam artian, Bunda menggunakan kartu kredit untuk memenuhi semua pengeluaran.

Kalau Bunda menggunakan kartu kredit selama sebulan untuk membayar tagihan, ini berarti pendapatan bulanan Bunda bermasalah. Mungkin awalnya ini tidak terlihat sebagai masalah.

Makanya, Bunda perlu berhenti menggunakan kartu kredit. Akan lebih repot kalau nantinya tidak bisa membayar tagihan kartu kredit, Bunda.

2. Tidak bisa membayar tagihan

Setiap tagihan tentunya harus tetap dibayar setiap bulannya. Nah, ada tagihan yang tak terbayar, berarti Bunda mengalami masalah keuangan.

Bunda perlu mengambil langkah untuk jangka pendek dan panjang untuk memperbaiki situasi ini. Salah satu caranya adalah memotong biaya gaya hidup.

Pengeluaran yang bisa dipangkas adalah belanja makanan lewat ojek online. Kalau ditotal, belanja makanan bisa menghambur banyak uang.

"Perlu diperhatiin sih dari spending itu. Ongkir yang sudah diembel-embelin diskon. Tapi, tetap kalau misalnya kita rutin berkali-kali, kalau dijumlah itu lumayan lho ternyata expend-nya dan bisa untuk di keep," kata financial advisor Christina Indah Desheila Putri kepada HaiBunda.

3. Tidak ada pengeluaran yang bisa dipangkas

Tanda lainnya adalah Bunda tidak punya pengeluaran lain yang bisa dipangkas. Semua pengeluaran yang tidak perlu sudah dipangkas tapi tagihan masih tidak bisa terbayar.

Kalau ini terjadi, berarti Bunda harus mengencangkan ikat pinggang alias tidak belanja barang mewah sama sekali. Tidak ada juga agenda makan di restoran.

Cara ini umumnya adalah anggaran jangka pendek. Dengan begini Bunda bisa bertahan sampai ada kesempatan untuk memperbaiki situasi keuangan.

4. Khawatir dengan keuangan

Kalau Bunda terlalu khawatir bagaimana cara membayar tagihan bulanan, kemungkinan besar Bunda tidak menghasilkan cukup uang. Jadi, mulailah membuat rencana untuk mengubah situasi.

Supaya krisis keuangan bisa teratasi, Bunda perl membuat bujet di awal nih. Ini mencegah Bunda membeli hal-hal yang tidak penting dan memperbanyak tagihan.

Selain itu, Bunda juga perluĀ menambah pendapatan nih. Agar semua tagihan dapat terbayar.

5. Tujuan finansial tidak tercapai

Jika uang yang dimiliki tidak cukup untuk hidup selama sebulan dan tak bisa menabung, pendapatan Bunda mungkin tidak cukup. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan memastikan tujuan keuangan yang spesifik.

Di awal, tujuan utamanya adalah melunasi tagihan kartu kredit. Kemudian, baru Bunda menutup utang lainnya.

Dengan begini, keuangan Bunda akan membaik sedikit demi sedikit. Setelah itu, Bunda bisa menyisihkan lebih banyak uang deh.

Simak mengelola keuangan ala Astrid Tiar di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi