Terpopuler
Aktifkan notifikasi untuk dapat info terkini, Bun!
Bunda dapat menonaktifkan kapanpun melalui pengaturan browser.
Nanti saja
Aktifkan

moms-life

Cuti Bersama Kini Tak Potong Jatah Cuti Tahunan, Ini Aturan Barunya

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Senin, 09 Nov 2026 13:45 WIB

Ilustrasi Kalender
Ilustrasi Cuti Bersama Kini Tak Potong Jatah Cuti Tahunan, Ini Aturan Barunya/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Cuti tahunan menjadi salah satu hak pekerja yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat maupun liburan bersama keluarga. Namun, selama ini kebijakan cuti bersama kerap menjadi sorotan lantaran pelaksanaannya dapat memotong jatah cuti tahunan, Bunda.

Belum lama ini, muncul aturan baru dari pemerintah mengenai cuti bersama yang tidak lagi memotong jatah cuti tahunan. Kebijakan tentu dapat membawa perubahan yang cukup menguntungkan bagi karyawan, khususnya mereka ingin mengatur waktu liburan dalam setahun.

Aturan baru ini tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Pekerja, tepatnya Pasal 118 ayat (6). Dalam UU ini, dijelaskan bahwa cuti bersama yang ditetapkan pemerintah tidak lagi memotong jatah cuti tahunan karyawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Dalam hal Perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, pelaksanaannya tidak mengurangi hak cuti tahunan Pekerja/Buruh," demikian bunyi aturan tersebut, dikutip Senin (9/11/26).

Melalui aturan baru ini, perusahaan menerapkan cuti bersama sesuai ketetapan pemerintah. Artinya, Bunda dan Ayah pekerja tak perlu khawatir jatah cuti tahunannya berkurang bila ditetapkan waktu-waktu tertentu untuk cuti bersama.

Aturan lain di UU baru tentang cuti karyawan

Selain soal cuti bersama, Pasal 118 juga mengatur hak istirahat dan cuti pekerja. Pekerja berhak mendapatkan waktu istirahat setidaknya 30 menit setelah bekerja selama empat jam berturut-turut. Ada pula hak istirahat mingguan, yakni satu hari untuk sistem enam hari kerja atau dua hari untuk sistem lima hari kerja.

Sedangkan untuk cuti tahunan, pekerja berhak mendapatkan paling sedikit 12 hari kerja setelah bekerja selama 12 bulan secara terus-menerus. Pelaksanaan cuti diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama, Bunda.

Lantas, apa saja aturan lain terkait cuti kerja dan libur yang diatur dalam UU Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Pekerja?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(ank/som)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

Temukan lebih banyak tentang
Fase Bunda