sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tanaman Hias Beracun yang Perlu Dijauhkan dari Anak

Salam Rahmad Senin, 28 Sep 2020 04:02 WIB
Sansevieria plants on table in modern room caption

Tanaman hias kerap dijadikan pilihan oleh masyarakat untuk mempercantik rumah. Bahkan, kini tanaman hias banyak diletakkan di dalam rumah, Bunda.

Namun Bunda perlu hati-hati dengan sejumlah tanaman hias yang beracun. Perhatikan peletakannya agar tak mudah dijangkau anak di rumah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 tanaman hias beracun yang perlu dijauhkan dari jangkauan anak.


1. Tanaman dolar

Untuk mempercantik rumah, biasanya masyarakat memilih tanaman dolar yang diletakkan di sudut ruangan. Namun, Bunda perlu waspada nih, karena tanaman hias ini memiliki racun.

Tanaman hias dolar mengandung senyawa oksalat yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan rasa gatal. Kalau tak sengaja menyentuh daunnya, segera cuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air bersih ya, Bunda.

2. Kuping gajah

Di balik keindahan warnanya yang menawan, tanaman hias kuping gajah ternyata menyimpan racun yang cukup berbahaya nih, Bunda. Bagaimana tidak, daunnya bisa menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena menutup keluar dan masuknya udara.

Bunda perlu menjauhkan tanaman hias ini dari jangkauan si kecil ya. Pasalnya, jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan rasa gatal yang luar biasa.

3. Bunga lily

Bunga lily adalah tanaman hias yang memiliki warna cantik jelita. Namun, di balik kecantikannya, ternyata tanaman hias ini bisa membahayakan tubuh lho, Bunda.

Bunda perlu menjauhkan si kecil dari menjilat atau memainkan tanaman hias ini ya. Karena tanaman hias ini bisa menyebabkan sakit perut hingga muntah-muntah.

4. Lidah mertua

Tanaman hias ini biasa diletakkan di dalam rumah sebagai penghias ruangan ya, Bunda. Hal ini dikarenakan lidah mertua bermanfaat sebagai penyuplai udara bersih.

Namun ternyata, lidah mertua termasuk juga dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, namun racun yang terkandung di dalam lidah mertua bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare. Jadi, pastikan agar si kecil tak bermain-main dengan lidah mertua ya, Bunda.

5. Wisteria

Tanaman hias yang populer di wilayah China dan Jepang ini mengandung kadar racun yang cukup tinggi, Bunda. Biji wisteria mengandung saponin yang jika dimakan bisa menyebabkan rasa mual, muntah, diare, pusing, hingga pingsan.

6. Daffodil

Tanaman hias beracun lainnya yang berbahaya bagi tubuh adalah daffodil. Tanaman hias cantik dengan balutan bunganya yang indah ternyata mengandung racun berbahaya.

Tanaman hias ini berisiko mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare dan muntah, hingga masalah serius seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

7. Foxgloves

Siapa sangka tanaman hias cantik yang memiliki bentuk unik seperti lonceng ini ternyata berbahaya bagi tubuh. Foxgloves bisa dibilang tanaman cantik tapi mematikan nih, Bunda. Warnanya yang indah dan bentuknya yang unik bisa menarik perhatian si kecil untuk memainkannya.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi jika keracunan tanaman hias jenis ini, Bunda. Misalnya, kejang, tremor, denyut nadi melemah, dan gangguan irama jantung. Kalau tertarik merawat tanaman hias ini, pastikan Bunda meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan si kecil ya.

8. Rhododendron dan azalea

Saat bunga bermekaran, Bunda akan terkesima melihat keindahan warna yang dihasilkan tanaman hias ini. Tapi, Bunda tak boleh tertipu dengan tampilannya yang cantik ya. Hal ini dikarenakan rhododendron dan azalea masuk dalam kategori tanaman hias beracun yang berbahaya bagi tubuh.

Pastikan Bunda untuk selalu mengawasi dan mengedukasi si kecil untuk tak memakan tanaman hias ini ya, Bunda. Karena jika tertelan dapat mengakibatkan permasalahan serius seperti sakit perut, sulit bernapas, bahkan kelumpuhan.

9. Philodendron/philo

Tanaman hias philo juga biasa diletakkan di dalam rumah sebagai penghias ruangan. Meski diletakkan di dalam rumah, bukan berarti tanaman ini aman bagi si kecil ya, Bunda. Tanaman hias philo justru berbahaya karena mengandung racun di dalamnya.

Tanaman hias ini akan menjuntaikan daunnya ke bawah dan bisa menarik perhatian si kecil untuk meraih daunnya. Jika tertelan bisa menyebabkan bibir, lidah, dan tenggorokan membengkak, Bunda.

10. Belladonna

Tanaman hias belladonna sekilas mirip dengan buah berry yang enak disantap langsung ya, Bunda. Tapi, jangan mudah tertipu dengan tanaman hias cantik ini. Belladonna memiliki kandungan zat tropane alkoids yang beracun jika dikonsumsi. 

Ada beragam efek yang dapat terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur, dan halusinasi. Selain itu, zat racun yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pernapasan, hingga keringat berlebih.

Bunda, simak juga yuk deretan tanaman hias tropis yang unik, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi