sign up SIGN UP search


moms-life

5 Manfaat Umbi Porang, Ternyata Berkhasiat untuk Kesehatan

Siti Hafadzoh Sabtu, 17 Oct 2020 18:09 WIB
Konjac, amorphophallus, Stanley s water-tub, jelly 5 Manfaat Umbi Porang, Ternyata Berkhasiat untuk Kesehatan/ Foto: iStock
Jakarta -

Umbi porang dikenal juga dengan nama iles-iles. Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis umbi iles-iles.

Nah, di negara Jepang, Tiongkok, dan Taiwan, umbi porang ini diolah menjadi tepung konyaku alias tepung konjak. Tepung konjak ini merupakan bahan dasar membuat shirataki, Bunda.

Tepung konjak dari umbi porang ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kadar gula darah hingga menurunkan berat badan.


Mengutip Jurnal Litbang Pertanian, berikut selengkapnya manfaat umbi porang alias iles-iles:

1. Mencegah dan menghambat kanker

Siapa sangka, ternyata umbi porang dapat mencegah dan menghambat kanker lho. Umbi yang sudah dijadikan tepung konjak diteliti untuk melihat efeknya dalam mencegah kanker.

Penelitian pada hewan menunjukkan, ada efek hambatan dan pencegahan tepung konjak terhadap kanker paru-paru. Selain itu, konsumsi tepung konjak juga bisa menurunkan keganasan tumor lho, Bunda.

2. Menurunkan glukosa darah

Tepung yang terbuat dari umbi porang cocok untuk Bunda yang mengidap diabetes. Glukomanan pada tepung dapat mengurangi gula darah dan faktor risiko terkait, seperti hipertensi.

Glukomanan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga, kada gula darah Bunda bisa tetap terjaga.

3. Menurunkan berat badan

Sebuah studi yang melibatkan 30 orang menunjukkan, diet rendah kalori selama 60 hari, ditambah kandungan glukomanan lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Glukomanan yang dimaksud adalah dalam bentuk suplemen.

4. Mengatasi sembelit

Bunda atau si kecil mengalami sembelit? Coba konsumsi tepung konjak yang mengandung glukomanan, deh.

Zat tersebut dapat meningkatkan frekuensi buang air dan mencegah sembelit. Setelah konsumsi umbi porang selama 10 hari, orang yang mengalami sembelit sudah semakin lancar buang air besarnya.

5. Menurunkan kolesterol

Ternyata, makanan yang terbuat dari umbi porang atau konjak dapat menurunkan kolesterol lho. Ini karena glukomanan yang terkandung di dalamnya.

Penelitian di tahun 2000 menunjukkan, glukomanan dapat menurunkan kolesterol hati. Zat gizi yang satu ini menghalangi atau mengurangi penyerapan kolesterol, Bunda.

Bunda, lihat tips memilih umbi-umbian yang bagus berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi