sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Perlu Tahu, Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Kinan Kamis, 14 May 2020 13:05 WIB
ilustrasi ibu hamil Bunda Perlu Tahu, Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil/ Foto: iStock
Jakarta -

Di antara beberapa keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil, salah satunya yang cukup mengganggu adalah sembelit. Perut jadi tak nyaman dan terasa kembung.

Selain itu, sembelit yang tak kunjung diatasi juga berpotensi berkembang menjadi wasir. Oleh sebab itu, jangan diabaikan ya, Bun.


Menurut dokter kandungan Albert Einstein College of Medicine, New York City, Dr Rabin, sebagian besar sembelit dialami ibu hamil disebabkan oleh tingginya kadar progesteron.

"Hormon ini menyebabkan otot-otot di dinding usus menjadi relaks sehingga mereka tidak membuat kontraksi yang diperlukan untuk membantu menggerakkan semuanya. Ditambah lagi, saat kehamilan berlanjut, rahim akan semakin membesar dan menekan perut sehingga bisa memperlambat kemampuan geraknya," tutur Rabin.

Dilansir Parents, penyebab lain sembelit saat hamil bisa jadi juga karena berlebihan konsumsi suplemen zat besi.

Ilustrasi ibu hamil sembelitIlustrasi ibu hamil sembelit. (Foto: iStock)


Sembelit dapat mulai dirasakan lebih sering oleh ibu hamil pada bulan kedua atau ketiga.

Disebutkan dalam American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit saat hamil. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari, terutama dari air putih dan buah-buahan.

Ibu hamil juga disarankan perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, seperti sayuran, kacang-kacangan, roti gandum, dan sereal. Jangan lupa tetap lakukan aktivitas fisik yang ringan, misalnya dengan rutin jalan kaki.



Simak juga bahaya sembelit pada bayi menyusu dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]





(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi