sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tips Memulai Hobi Tanaman Hias untuk Pemula

Siti Hafadzoh Sabtu, 17 Oct 2020 04:00 WIB
Stylish wooden shelves with green plants and black watering can. Modern room decor. Cactus, dieffenbachia, asparagus, epipremnum, calathea,dracaena,ivy, palm,sansevieria in pots on shelf caption
Jakarta -

Di masa pandemi corona, banyak orang yang mulai hobi merawat tanaman hias. Menghabiskan banyak waktu di rumah, banyak yang jadi lebih memperhatikan kebun dan tamannya nih.

Pemilik usaha tanaman hias Grow and Grow, Putri Anugeraheni, mengatakan bahwa sekarang ini memang banyak pembeli baru. Kalau biasanya hanya pencinta tanaman hias yang beli di tempatnya, sekarang sudah banyak pemula yang juga ingin mencoba.

"Menurut aku sih, pandemi ini marketnya itu mereka jadi mengisi rumah. Kalau dulu kan lebih ke plant lovers. Kalau sekarang ini, jadi orang-orang baru yang belajar menanam," kata Putri kepada HaiBunda.


Gagal dalam merawat tanaman hias sangat wajar kok bagi pemula. Nah, berikut ini 3 tips memulai hobi tanaman hias untuk pemula:

1. Tentukan lokasi menanam

Sebelum membeli tanaman hias, Bunda harus mengetahui dulu karakter lokasi penanaman nih. Lihat bagaimana kondisi cahaya dan kelembapan di lokasi tersebut.

"Pertama, cari space yang mau dikasih tanaman. Misalnya nih, aku mau di meja kerja. Oke, berarti tanamannya enggak terlalu gede, yang sedang," kata Putri.

Jadi, perhatikan lokasi yang Bunda inginkan untuk menanam tanaman hias. Baru kemudian cari tanaman yang ukuran dan karakternya sesuai.

2. Ketahui karakter tanaman hias

Sebagai pemula, Bunda mungkin belum tahu tentang karakter tanaman hias yang berbeda-beda. Setiap tanaman hias memang membutuhkan perawatan dan nutrisi yang berbeda-beda nih.

Makanya, ketika membeli tanaman hias, Bunda harus menanyakan dengan detail tentang karakter tanamannya. Ketahui apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman, termasuk air dan cahaya.

Bunda yang masih pemula dapat memilih tanaman yang mudah dirawat. Misalnya, kaktus, pisang kipas, janda bolong hijau, dan sebagainya.

3. Perawatan tanaman hias

Setelah membeli tanaman hias, barulah Bunda mulai merawatnya. Mulai dari pemberian pupuk hingga anti-hama.

Putri mengatakan, Bunda perlu telaten nih dalam merawat tanaman hias. Kalau sudah punya komitmen, siapapun pasti bisa merawat tanaman hias dengan benar kok.

"Jadi, selama punya komitmen buat merawat pasti bisa sih," ujar Putri.

Lihat juga 5 tanaman hias tropis yang cocok untuk rumah Bunda berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi