sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Bisnis Kuliner Bertahan di Masa Pandemi Corona, Bunda Perlu Tahu

Muhayati Faridatun Senin, 16 Nov 2020 15:31 WIB
happy family in the kitchen. mother and  child son preparing the dough, bake cookies caption
Jakarta -

Bunda butuh tambahan pemasukan dan terpikir ingin memulai bisnis? Kalau tertarik membuka usaha kuliner, Bunda simak yuk tips bisnis kuliner bisa bertahan di masa pandemi Corona atau COVID-19.

Pandemi ini memang berdampak besar bagi seluruh sektor kehidupan, tak terkecuali di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Banyak sektor usaha yang harus gulung tikar, termasuk para pengusaha di bidang kuliner.

"Sejak masa pandemi ini, kami lumayan terpukul, omzet turun hampir 70 persen di semua brand industri kuliner kami," ujar pengusaha kuliner Christoper Sebastian, dikutip dari tayangan video BNPB.


Meski bisnisnya mengalami penurunan tajam, Christoper tak lantas angkat tangan. Pengusaha kuliner yang memiliki tiga brand ini langsung menyusun strategi baru, yang bisa membantu usahanya bertahan di masa pandemi.

"Mau tidak mau, kami harus ada strategi. Dengan adanya strategi pun masih susah karena kondisi (pandemi) sekarang," ucapnya.

Christoper lalu membagikan tips yang diterapkan agar usaha kuliner bisa bertahan di masa pandemi Corona. Perlu tahu nih, Bunda, apalagi bagi pebisnis pemula di bidang kuliner.

1. Push di industri online, misal di aplikasi delivery atau marketplace.

2. Berikan diskon dan promo secara maksimal via online.

3. Keluarkan produk frozen food agar makanan bertahan dalam beberapa hari.

Selain itu, Christoper juga menggunakan jasa beberapa food blogger dan public figure. Ini strategi untuk meningkatkan pemasaran produk-produk usahanya.

"Strategi yang utama, kami kejar di online, meskipun tidak menutupi semua cost operation kami," ujarnya.

Nah, bagi Bunda yang menjalankan bisnis kuliner atau baru memulai usaha kuliner, boleh dicoba ya tipsnya. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

Yang pasti, selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu untuk #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan dan #cucitanganpakaisabun sesuai imbauan #satgascovid19.

Kalau Bunda ingin tahu lebih lanjut tentang tips bisnis bertahan di masa pandemi COVID-19, simak video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!