sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Pembersih Udara dan Penyerap Racun di Rumah

Azhaar Savira Minggu, 22 Nov 2020 03:00 WIB
Colorful autumn chrysanthemum flowers on display at farm market caption

Jakarta - Tanaman hias kini tengah digandrungi banyak orang. Selama pandemi, hobi menanam tanaman hias memang kian digemari.

Tanaman hias menyajikan tampilan daun dan bunga yang sedap dipandang mata. Sehingga membuat rumah Bunda pun makin asri, serta cantik.

Ternyata tak sekadar mempercantik rumah, tanaman hias mempunyai fungsi lain yang bermanfaat bagi rumah Bunda.


Diketahui salah satu manfaat tanaman hias, ada yang dapat menyerap racun di dalam rumah. Selain itu, bisa pula membantu membersihkan udara.

Bagi Bunda yang ingin mencoba merawat dan menanam tanaman hias yang dapat membersihkan udara dan menyerap racun, berikut ini pilihannya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pakis Boston

Tanaman hias pakis Boston disebut juga dengan pakis pedang. Stomata dalam tanaman hias pakis Boston mampu berperan sebagai penyedot berbagai racun seperti xylene dari asap rokok.

Bagi Bunda yang ingin menjadikannya tanaman hias dalam ruangan, cocok sekali. Sebab tanaman hias ini tidak tahan dengan panas matahari, tetapi mampu menyimpan cadangan air lho, Bunda. 

Tanam pakis Boston dalam pot mungil. Lalu letakkan di meja ruang tamu, maupun kamar tidur.

2. Basil

Bunda pasti enggak asing dengan tanaman ini, basil atau selasih sering digunakan sebagai campuran dalam makanan. Tanaman basil ini dapat menyerap berbagai zat berbahaya di udara, serta menyaring udara lho, Bunda.

Selain itu, terdapat manfaat lain, yaitu dapat membantu menghilangkan bakteri. Cocok bagi Bunda yang menginginkan suasana segar dan bersih di dalam rumah.

Tak sulit mendapatkan tanaman ini, Bunda. Saat sedang jarang keluar rumah seperti masa pandemi ini, Bunda dapat membeli tanaman ini via online.

3. Lidah Buaya

Biasanya tanaman hias lidah buaya digunakan untuk berbagai macam perawatan wajah dan rambut. Namun lidah buaya atau aloe vera dapat menjadi tanaman hias di dalam maupun di luar ruangan juga.

Rupanya tanaman hias lidah buaya masih memiliki beragam manfaat lainnya, Bunda. Tentunya bermanfaat banget untuk di rumah. Nah, lidah buaya dapat membantu menyaring polutan di udara.

Asyiknya lagi, tidak sulit merawat lidah buaya. Tanaman hias ini tidak membutuhkan banyak air dan cahaya matahari.

4. Bunga Krisan

Tanaman hias ini sangat cantik jika di pajang di rumah karena menghasilkan beberapa warna merah, kuning, ungu, putih, dan oranye. Tak hanya cantik, tanaman hias bunga krisan banyak manfaatnya.

Tanaman hias bunga krisan atau serunai memiliki kemampuan menyerap zat berbahaya lho, seperti benzena, formalin, amonia dan xylene.

Bunga ini juga wangi, Bunda. Kalau mau menjadikannya penghias di dalam rumah, sebaiknya letakkan dekat jendela ya.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga video tanaman hias tropis:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi