sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Aman Membuat Disinfektan Sendiri di Rumah, Hindari Bahan Berbahaya

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 18 Nov 2020 17:01 WIB
Cleaning with spray detergent, rubber gloves and dish cloth on work surface concept for hygiene caption
Jakarta -

Membuat disinfektan sendiri di rumah enggak harus dengan pemutih lho, Bunda. Simak bahan-bahan yang aman untuk dibuat disinfektan berikut ini.

Pandemi COVID-19 masih terus memakan korban, Bunda. Itu artinya, penting untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan ya.

Selain menerapkan 3M, mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak, ada hal yang juga tak boleh diabaikan nih. Ya, menjaga kebersihan lingkungan juga harus kita perhatikan.


Selain bersih-bersih rumah seperti biasanya, untuk perlindungan ganda, Bunda disarankan untuk rutin menyemprotkan disinfektan lho. Tujuannya agar meminimalisir penyebaran virus Corona.

Disnfektan ini bisa dibuat dengan sangat mudah di rumah. Salah satunya menggunakan pemutih, Bunda. Tapi, jangan sembarangan asal tuang dan mencampur dengan air ya. Melansir dari Verywellhealth, pemutih klorin rumah tangga memang disebut sebagai disinfektan kuat yang tidak mahal, mudah diperoleh, dan cukup keras untuk memnunuh kuman berbahaya.

Namun sebelum menyemprotkan cairan pemutih di rumah, penting juga untuk mengetahui apakah produk pemutih yang akan digunakan mengandung kaustik atau tidak. Pastikan juga apakah pemutih bisa mengeluarkan asap yang mematikan?

Itu sebabnya, sangat penting untuk mengencerkan pemutih terlebih dulu ya, Bunda. Jadi, pastikan bahwa pemutih tidak digunakan dengan kekuatan penuh. Jangan pernah mencampurkan pemutih dengan larutan dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Selain itu, jangan pula menyentuh pemutih dengan tangan telanjang. Pastikan untuk mengenakan sarung tangan terlebih dulu ya.

Kalau Bunda merasa pemutih berbahaya untuk anak-anak di rumah, bisa mencoba membuat disinfektan dengan bahan lain lho. Mau tahu gimana caranya? Langsung klik NEXT untuk melihat di halaman selanjutnya!

Chow Yun Fat dan istri

Bunda, simak juga yuk cerita perjuangan penyintas COVID-19 hadapi stigma negatif, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi