sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Daun Kecil untuk Pot Mini di Rumah

Yuni Ayu Amida Jumat, 20 Nov 2020 03:00 WIB
Succulent Plants, Burro's Tail, Sedum burrito on Blurred Greenery Background with Copy Space Using as Natural Green Background Landscape Ecology Concept caption
Jakarta -

Saat ini merawat tanaman hias sudah menjadi hobi banyak orang, Bunda. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang orang-orang lebih banyak di rumah, merawat tanaman hias pun dipilih jadi kegiatan menyenangkan.

Nah, tanaman hias sendiri beragam bentuknya. Ada yang berukuran besar, ada pula yang ukurannya kecil. Jika Bunda tertarik untuk memiliki tanaman hias berdaun kecil, terdapat berbagai pilihan nih.

Berikut ini 7 tanaman hias daun kecil yang cocok ditanam di pot mini, dilansir berbagai sumber.


1. Baby tears

Tanaman hias indoor ini memiliki daun yang berukuran kecil serta tumbuhnya sangat banyak. Baby tears bisa ditanam dalam pot mini.

Tak hanya itu, tanaman hias yang termasuk dalam kelompok urticaceae ini juga dapat dijadikan tanaman hias terrarium. Hal ini lantaran baby tears memang membutuhkan kelembapan.

Dalam terrarium ia mampu mempertahankan kelembapannya. Nah, kalau ditanam di pot biasa, sering-sering semprotkan air ya, Bunda. Karena baby tears menyukai lingkungan yang kelembapannya tinggi.

2. String of pearls

Tanaman hias string of pearls termasuk dalam jenis sukulen. Hal ini lantaran struktur daunnya yang tebal.

Meski tebal, tanaman hias string of pearls bentuknya mirip untaian mutiara. Daun tanaman hias ini berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau.

Menariknya, tanaman hias yang cocok ditanam dalam pot mini ini, tidak punya masalah penyakit atau hama. Perawatannya juga cukup mudah lho.

String of pearls bisa hidup sampai 5 tahun jika dirawat dengan benar. Sering-sering membuat stek tanaman hias ini ya.

3. Asparagus fern

Tanaman hias asparagus fern termasuk dalam keluarga liliaceae, seperti lili, tulip, dan amaryllis. Daunnya berukuran kecil dan tumbuh dalam jumlah banyak.

Jika ditanam di luar ruangan, maka tanaman ini akan tumbuh menyebar. Jika sudah besar, mereka bisa tumbuh menjadi berkayu dan memiliki duri tajam. Jadi, Bunda harus hati-hati saat memangkas asparagus fern.

Sebenarnya, tanaman hias ini jarang terkena masalah, Bunda. Hanya saja, saat dijadikan tanaman hias indoor, asparagus fern mungkin akan terkena kutu daun. Solusinya, Bunda perlu memberikan insektisida.

4. Donkey tail

Daun donkey tail berukuran kecil dan berwarna hijau. Jika dilihat sekilas, daunnya mirip dengan buah anggur.

Donkey tail termasuk dalam jenis tanaman hias sukulen, Bunda. Karena tumbuh menjuntai, tanaman hias ini sebaiknya ditanam di pot gantung.

Perawatan tanaman ini pun tidak terlalu sulit. Bunda hanya perlu memastikan media tanam donkey tail tidak terlalu basah.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga 5 tanaman hias tropis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi