sign up SIGN UP search


moms-life

Bun, 7 Pola Makan Sehat Ini Bisa Tingkatkan Imun Saat Pandemi

Muhayati Faridatun Minggu, 22 Nov 2020 20:17 WIB
closeup woman eating healthy food salad, focus on salad and fork caption
Jakarta -

Saat ini, kita masih menghadapi pandemi Corona atau COVID-19, Bunda. Inilah sebabnya Bunda dan keluarga perlu menjaga pola makan sehat, demi meningkatkan imun tubuh dan mencegah penularan virus Corona.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, menjaga pola makan sehat sangat penting selama pandemi Corona. Makanan dan minuman apa pun yang masuk dalam tubuh bisa memengaruhi kemampuan tubuh untuk mencegah, melawan, dan pulih dari infeksi.

"Meski tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah atau menyembuhkan infeksi COVID-19, pola makan sehat penting untuk mendukung sistem kekebalan," demikian penjelasan WHO, dikutip dari situs resminya.


WHO juga memaparkan, nutrisi yang baik bisa mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lain, termasuk obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Bagi anak-anak, pola makan sehat dan seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Sedangkan untuk orang tua, pola makan sehat bisa membantu memastikan kehidupan yang lebih sehat dan lebih aktif.

Lalu, bagaimana dengan bayi? WHO menganjurkan, pola makan sehat bayi berarti pemberian ASI eksklusif dalam enam bulan pertama, dengan pengenalan makanan bergizi dan aman untuk melengkapi ASI (MPASI), mulai usia 6 bulan hingga 2 tahun, dan seterusnya.

Yuk, Bunda simak dan ikuti 7 tips pola makan sehat dari WHO:

1. Variasi makanan, termasuk buah dan sayuran

Setiap hari, Bunda dan keluarga dianjurkan makan campuran biji-bijian seperti gandum, jagung, dan beras, kacang-kacangan, serta perbanyak makan dan sayuran. Jangan lupa, lengkapi dengan beberapa makanan dari sumber hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu.

Pilih juga makanan gandum utuh seperti jagung yang belum diolah, millet, oat, gandum, dan beras merah kalau Bunda suka. Bahan-bahan makanan ini kaya akan serat berharga yang bisa membantu Bunda kenyang lebih lama. Sedangkan untuk makanan ringan, pilih sayuran mentah, buah segar, dan kacang tawar.

2. Kurangi garam

Sebaiknya, Bunda dan keluarga membatasi asupan garam hingga 5 gram per hari, atau setara satu sendok teh. Saat memasak, gunakan sedikit garam dan kurangi penggunaan saus asin dan bumbu seperti kecap, kaldu, atau kecap ikan.

Kalau ingin mengonsumsi makanan kaleng atau kering, pilih jenis sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan, tanpa tambahan garam dan gula. Ingat, periksa label pada makanan dan pilih produk dengan kandungan natrium lebih rendah.

Untuk menambah rasa, penggunaan garam pada masakan bisa Bunda ganti dengan herba dan rempah segar atau kering.

Klik NEXT yuk untuk lihat tips pola makan sehat selengkapnya.

Simak juga tata laksana umroh yang aman saat pandemi Corona, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi