sign up SIGN UP search


moms-life

Ingat Bun, Ini 5 Cara Tepat Menggunakan Masker Sekali Pakai

Annisa Karnesyia Minggu, 22 Nov 2020 19:01 WIB
Attractive girl puts on surgical mask on her face. Cold, flu, virus, acute respiratory infections, quarantine, epidemic, irony, sarcasm concept. Close up view caption
Jakarta -

Masker masih menjadi alat pelindung diri untuk menghindari risiko penularan COVID-19. Penggunaan masker telah masuk dalam protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa di tempat yang penularannya luas, kapasitas menampung pandemi ini juga jadi terbatas. Jika menjaga jarak sulit dilakukan, WHO mendorong penggunaan masker.

Menurut Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan, ada beberapa jenis masker yang bisa melindungi diri dari virus Corona. Pertama, masker kain dengan tingkat perlindungan 10 sampai 60 persen dari partikel droplet ukuran tiga mikron.


"Masker kain, perlindungan terhadap droplet ada, tapi tidak ada perlindungan terhadap aerosol atau partikel yang airbone," kata Erlina, dikutip dari laman Satuan Tugas COVID-19 (Satgas COVID-19).

Selain masker kain, ada juga masker bedah dan masker N95. Masker bedah atau masker sekali pakai efektif mencegah partikel airborne ukuran 0,1 mikron hingga 30 sampai 95 persen.

Sedangkan masker N95 memiliki tingkat efektivitas pencegahan lebih tinggi, yakni mencapai 95 persen. Namun, masker ini tidak boleh dipakai sembarang orang.

Belakangan, masyarakat banyak yang sudah beralih menggunakan masker bedah atau sekali pakai. Masker ini memang sudah tidak langka alias mudah didapatkan di pasaran.

Penggunaan masker sekali pakai sedikit berbeda dengan masker kain, Bunda. Cara memakai dan membuang masker sekali pakai haruslah tepat untuk bisa mencegah risiko penularan COVID-19.

Berikut 5 cara memakai masker sekali pakai sesuai panduan dalam buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19 yang dikeluarkan Satgas COVID-19:

1. Bersihkan tangan pakai sabun atau hand sanitizer

2. Bagian berwarna berada di depan

3. Jangan menyentuh bagian depan dan dalam masker

4. Pastikan masker menutup rapat hidung, mulut, dan dagu

5. Ganti jika masker lembab atau basah. Pemakaian masker maksimal 4 jam.

Lalu, bagaimana cara membuangĀ masker sekali pakai yang benar? Klik NEXT untuk penjelasan lengkapnya ya.

Simak juga cara tepat cegah COVID-19 dengan jaga jarak di tempat umum, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi